Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Berminat Akuisisi Bisnis Laptop "Gaming" MSI

Kompas.com - 16/05/2015, 10:10 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Digitimes
KOMPAS.com - Produsen komputer asal Tiongkok, Lenovo dikabarkan tertarik untuk mengakuisisi unit laptop gaming milik MSI (Micro-Star International).

Menurut sumber yang dekat dengan permasalahan tersebut, yang tidak mau disebut namanya, akuisisi Lenovo terhadap MSI merupakan cara tercepat Lenovo untuk bisa meningkatkan daya saingnya di industri laptop gaming.

Dikutip KompasTekno dari Digitimes, Jumat (15/5/2015), MSI belum memberikan respon tentang kabar ini, namun juga tidak membantahnya. Keduanya dikabarkan sedang saling melakukan negosiasi terhadap proposal akuisisi.

Lenovo sendiri merupakan klien MSI. Selama ini, laptop-laptop dan PC desktop Lenovo sebagian juga menggunakan komponen-komponen buatan MSI, seperti motherboard dan sebagainya.

Kesuksesan MSI dalam membuat segmen pasar baru laptop gaming diikuti oleh pesaingnya seperti Asus, Acer dan Toshiba yang belakangan membuat lini produk tersebut.

Hadirnya laptop-laptop yang didesain khusus untuk bermain game kelas berat itu lama kelamaan sukses menggulingkan dominasi laptop Alienware, sub-brand buatan pabrikan AS, Dell.

Menurut Digitimes, walau permintaan akan laptop tradisional terus menurun, namun penjualan laptop gaming dan peranti pendukungnya tetap memberikan kontribusi pendapatan yang banyak.

Lenovo sendiri dalam beberapa tahun nampak agresif dengan melakukan berbagai langkah akuisisi. Seperti diketahui, unit binis PC IBM telah diakuisisi Lenovo sejak beberapa tahun lalu, ditambah bisnis PC Jepang, NEC, serta bisnis server IBM x86 yang dibeli dari Google.

Di ranah mobile, Lenovo juga diketahui mengakuisisi Motorola dan menjadikannya salah satu vendor smartphone terbesar di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com