Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Powerbank" Ini Dibuat dari Baterai Bekas

Kompas.com - 16/05/2015, 11:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Baterai smartphone bekas pakai seringkali teronggok begitu saja di pojokan laci atau tempat sampah? Bagaimana jika ia bisa "didaur ulang" dan kembali digunakan sebagai baterai portabel (powerbank)?

Itulah yang dilakukan oleh Better Re, powerbank bertenaga baterai bekas. Pembuatnya kini sedang melakukan pengumpulan dana di situs Kickstarter untuk keperluan produksi masal.

"Kami melihat bahwa banyak baterai smartphone sebenarnya masih bisa dipakai, tapi banyak yang disimpan atau dilempar ke tempat sampah. Kita kekurangan baterai, tapi ironisnya baterai malah  dibuang-buang," kata pencipta Better Re, Kiyong Shin, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari iDigitalTimes, Jumat (15/5/2015).

Shin menjelaskan bahwa masing-masing jenis baterai smartphone sebenarnya hanya bisa digunakan untuk tipe ponsel tertentu saja sehingga hanya materialnya yang didaur ulang.

Tapi kemudian dia menemukan bahwa bagian kontak listrik dari baterai-baterai itu ternyata serupa. Shin lantas membikin semacam klip universal yang bisa dipakai mengalirkan listrik dari aneka macam baterai.

"Better Re yang prakis dan ramah lingkungan pun tercipta," katanya.

Asyiknya, dengan Better Re, konsumen bisa memasang dan mengganti sendiri baterai (bekas) smartphone di dalam power bank ini, macam mengganti tinta pulpen saja.

Soal ramah lingkungan ini, sampah elektronik dari gadget memang banyak bertebaran. Di Amerika Serikat saja diperkirakan bahwa sebanyak 70 persen limbah berbahaya berasal dari sampah-sampah elektronik.

Daur ulang baterai bekas menjadi powerbank seperti yang dilakukan Better Re tentu mambantu mengurangi jumlah sampah elektronik. Apalagi, Better Re sepenuhnya dibuat dengan bahan-bahan ramah lingkungan seperti aluminium daur ulang, juga kayu dari pohon walnut dan maple.

Sejauh ini, Better Re sudah mengumpulkan dana sekitar 35.000 dollar AS dari target sebesar 50.000 dollar AS. Masih ada 25 hari tersisa untuk pengumpulan dana. Pembuatnya menargetkan unit-unit Better Re sudah bisa mulai dikirim pada Juni 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com