Kompas.com - 16/05/2015, 14:14 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Di balik segala manfaat dan kemampuan canggihnya, smartphone modern sebenarnya memiliki kelemahan yang berpotensi mengganggu kenyamanan tetapi jarang disadari oleh para penggunanya.

Masalah "laten" pertama, menurut  laporan Cnet yang dirangkum Kompas Tekno, Kamis (14/5/2015) adalah soal daya tahan fisik yang rendah.

Bukan rahasia lagi bahwa smartphone merupakan barang ringkih yang rentan mengalami kerusakan apabila mengalami kejadian seperti terjatuh, terutama di bagian layar. Panel display yang retak adalah satu problem umum yang dialami oleh pengguna ponsel pintar.

Hal tersebut sedikit berbeda dari ponsel "bodoh" alias feature phone di masa lalu, pada masa-masa sebelum kemunculan smartphone.

Mereka bisa dibilang lebih tangguh dibanding saudaranya yang "pintar", terutama karena tidak menggunakan layar kaca berukuran besar sebagai perantara navigasi utama.

Lantaran keringkihan fisik ini, banyak pengguna ponsel yang memasang casing untuk tambahan perlindungan. Tapi di sisi lain, aksesori tersebut justru menutupi keindahan desain smartphone modern yang kebanyakan dirancang agar sedap di mata.

Tubuh molek Galaxy S6 Edge atau iPhone 6 pun, misalnya, jadi tak terlihat di balik bungkusan casing yang belum tentu sama indahnya dengan smartphone yang dilindungi.

Di masa depan, ada kemungkinan smartphone bakal bertambah tangguh dengan bantuan hal-hal seperti kaca berbahan safir dan kaca Project Phire dari Corning yang dijanjikan anti retak.

www.itechnozoo.com Ilustrasi power bank

Masalah kedua adalah daya tahan baterai yang payah sehingga sebagian pengguna smartphone terpaksa membawa powerbank atau baterai cadangan demi menjaga agar ponselnya tetap beroperasi.

Smartphone yang tertancap ke powerbank (atau charger, apabila dibawa) melalui kabel sudah menjadi pemandangan yang umum ditemui di kafe, bandara, dan tempat-tempat lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.