Pengguna Windows 10 Bajakan Bakal Direcoki "Watermark"

Kompas.com - 17/05/2015, 18:12 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS. com - Sempat beredar kabar bahwa Microsoft bakal menyediakan sistem operasi terbarunya, Windows 10, secara gratis untuk semua pengguna Windows 7 dan Windows 8, termasuk yang memakai versi bajakan. Tapi informasi tersebut kemudian dibantah lewat sebuah klarifikasi.
 
Belakangan, Microsoft kembali memperjelas apa yang bakal terjadi jika pengguna Windows 7 atau Windows 8 bajakan coba-coba memasang Windows 10.
 
"Saat kami tidak bisa memverifikasi bahwa Windows 10 di sebuah perangkat telah dipasang, dilisensi dengan benar, dan tidak diutak-atik, kami akan menampilkan watermark di desktop untuk mengingatkan pengguna," tulis Microsoft dalam sebuah posting blog.
 
Artinya, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Neowin (17/5/2015), pengguna Windows 10 yang berangkat dari Windows 10 bajakan bakal terus menerus diingatkan soal status non-asli dari sistem operasinya melalui semacam tanda watermark.
 
Microsoft belum menunjukkan seperti apa bentuk dan dan di mana letak watermark Windows 10 nantinya. Pada versi-versi windows terdahulu, watermark diletakkan di pojok kanan bawah layar desktop dan berbunyi "Ini bukan copy Windows asli".
 
Tapi Microsoft tak akan benar-benar meninggalkan pengguna bajakan. Dalam posting blog yang sama, raksasa software ini menyatakan bakal terus memberi "tawaran upgrade Windows 10 yang sangat menarik " untuk pengguna Windows non-asli.
 
Namun, seperti halnya watermark, "tawaran menarik" ini pun masih belum dirinci dengan jelas.
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Neowin

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.