Google Dikhawatirkan Bangun Pasukan Robot

Kompas.com - 18/05/2015, 09:43 WIB
Spot di antara saudara-saudaranya di markas Boston Dynamics di Massachusetts, AS BBCSpot di antara saudara-saudaranya di markas Boston Dynamics di Massachusetts, AS
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pendiri Google Larry Page dan Elon Musk adalah dua sahabat dekat. Keduanya sama-sama gemar mengembangkan hal-hal nyeleneh dan memiliki visi futuristis tentang masa depan.

Tetapi laju teknologi di Google rupanya menimbulkan sedikit kekhawatiran di hati Musk. “Saya benar-benar khawatir soal ini,” kata Musk dalam sebuah buku biografi tentang CEO perusahaan mobil listrik Tesla itu, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Mashable, Senin, (18/5/2015).
 
“Soal” yang dimaksud Musk adalah kemungkinan Google bakal mengembangkan pasukan robot pintar yang kemudian bisa mengenyahkan umat manusia dari muka bumi.
 
Dalam pandangan Musk, Larry Page sebenarnya adalah orang baik. Tapi toh Musk tetap khawatir. “Dia bisa saja menciptakan sesuatu yang jahat secara tidak sengaja,” katanya.
 
Kendati merupakan inventor teknologi, Musk memang dikenal memiliki pandangan yang cenderung berhati-hati terhadap perkembangan robot, terutama menyangkut bidang kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).
 
Bersama dengan tokoh-tokoh lain seperti pendiri Microsoft BIll Gates, pendiri Apple Steve Wozniak, dan Stephen Hawking, Musk giat menyuarakan pendapatnya soal potensi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh AI yang “terlalu pintar”.
 
“Saya pikir kita harus sangat berhati-hari dengan AI. Ia bisa berubah menjadi ancaman terbesar untuk eksistensi kita,” ujar Musk dalam sebuah simposium di institut teknologi MIT, Oktober tahun lalu.
 
Google sendiri sejauh ini diketahui telah mengakuisisi lebih dari setengah lusin perusahaan pembuat robot. Namun tujuan akhir raksasa internet itu masih belum jelas.



Sumber MASHABLE
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X