Apple Akuisisi Startup Penyedia Layanan GPS

Kompas.com - 18/05/2015, 10:42 WIB
Apple Maps AppleApple Maps
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple mengonfirmasi bahwa perusahaan tersebut telah mengakuisisi startup (perusahaan rintisan) digital yang membuat peranti GPS, Coherent Navigation pada minggu lalu.

Menurut Apple, seperti dikutip KompasTekno dari Bits, Minggu (17/5/2015), akuisisi tersebut dianggap bisa memperkuat posisi perusahaan dalam hal layanan teknologi berbasis lokasi.

Belum diketahui apa tujuan Apple dalam mengakuisisi startup navigasi itu. "Apple sudah biasa membeli perusahaan teknologi kecil dari waktu ke waktu, dan biasanya kami juga tidak membahas tujuan atau rencana kami," ujar pernyataan resmi Apple dalam sebuah e-mail.

Namun, Coherent Navigation yang berdiri sejak 2008 lalu dikenal sebagai perusahaan kecil yang fokus dalam memberikan layanan navigasi komersil. Perusahaan itu juga bekerja sama dengan perusahaan raksasa, seperti Boeing dan Iridium sebagai penyedia jaringan satelit.

Menurut New York Times, layanan yang diberikan Coherent Navigation memberikan layanan yang memiliki tingkat presisi tinggi, teknologi yang lebih kuat dibanding kebanyakan sistem GPS yang ada di pasaran.

Coherent Navigation mengklaim mampu memberikan tingkat akurasi yang tinggi, bedanya hanya sekitar tiga atau hingga lima meter.

Selain itu, Coherent Navigation juga sempat memiliki proyek navigasi otomatis dan terkait robotika, termasuk proyek untuk Departemen Pertahanan AS.

Belum jelas apa yang direncanakan Apple dengan teknologi yang dimiliki Coherent Navigation itu, apakah Apple akan menggunakan layanan itu untuk perusahaan saja, atau juga mengintegrasikannya ke dalam produk-produk Apple.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.