Kompas.com - 18/05/2015, 12:29 WIB
Ilustrasi ALIBABAIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Raksasa peritel online asal Tiongkok, Alibaba, menghadapi gugatan hukum dari sejumlah merek fashion mewah, termasuk Gucci dan Yves Saint Laurent, yang tergabung di bawah bendera grup Kering asal Perancis.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari CNBC, dasar gugatan hukum yang diajukan hari Jumat (15/5/2015) lalu tersebut berkaitan dengan banyaknya produk imitasi yang dipajang di situs milik Alibaba.

Alibaba dituding telah dengan sengaja melakukan konspirasi untuk membuat, menjual, dan menyalurkan barang-barang tiruan yang memakai merek-merek di atas tanpa izin pemilik merek.

“Kami terus bekerja sama dengan berbagai merek untuk melindungi hak kekayaan intelektual mereka,” sebut juru bicara Alibaba, Bob Christie, dalam sebuah pernyataan.

“Sayangnya, grup Kering telah memilih jalan hukum yang sia-sia ketimbang kerja sama yang konstruktif. Kami percaya tuntutan hukum ini tak berdasar dan akan melawannya sekuat tenaga,” lanjut dia.

Ini merupakan tuntutan hukum kedua yang dilayangkan Kering ke Alibaba dalam waktu kurang dari setahun. Juli tahun lalu, setelah mengajukan gugatan serupa, Kering pernah memutuskan untuk menempuh upaya damai dengan Alibaba.

Saat melakukan penjualan saham perdana di AS setahun lalu, Alibaba sendiri berupaya melenyapkan produk-produk imitasi yang dijual melalui situsnya. Pada Februari 2014, misalnya, Alibaba melaporkan telah menarik lebih dari 100 juta listing penjualan barang palsu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, situs e-commerce dengan nilai pasar mencapai 231 miliar dollar AS ini tetap bermasalah dengan aneka barang bajakan yang terus bermunculan di layanannya. Sebagai marketplace yang antara lain memperoleh pendapatan dari komisi penjualan, Alibaba hanya memiliki sedikit kendali atas jenis barang apa saja yang dipajang oleh merchant.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.