Kompas.com - 18/05/2015, 14:37 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - "Anda tidak semestinya hidup jadi penonton dari pinggir jalan. Dunia ini membutuhkan Anda berdiri di panggungnya," pesan CEO Apple Tim Cook pada para wisudawan Universitas George Washington tahun 2015, pada Minggu (17/5/2015).

"Masih ada masalah yang harus diselesaikan, ketidakadilan yang mesti diputus. Masih ada orang teraniaya, dan penyakit yang butuh obat. Apapun yang Anda lakukan nanti, dunia ini perlu energi, gairah, dan semangat Anda dalam mencapai kemajuan. Jangan takut pada risiko atau kritik sinis orang lain," imbuhnya.

Seperti dilansir KompasTekno dari Recode, di atas panggung acara wisuda itu, Cook bercerita panjang lebar selama 20 menit. Banyak kenangan-kenangan pribadinya yang disebutkan dalam cerita itu, misalnya soal perjalanan pertamanya ke Washington saat masih pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA).

Cook juga banyak bercerita mengenai Apple, seperti soal pertemuan pertama dan masa ketika Steve Jobs baru kembali ke Apple. Menurut pria berkacamata ini, Jobs adalah seorang idealis yang menghidupkan kembali optimisme dan memberikan arah pada Apple.

"Saya bertemu dengan orang yang membuat saya mempertanyakan semua hal, orang yang mengembangkan asumsi-asumsi saya dengan cara terbaik. Orang itu adalah Steve Jobs," kenang bos Apple itu.

Selain cerita, Cook juga melemparkan sebuah tantangan pada para wisudawan. Dia meminta mereka memanfaatkan pekerjaan masing-masing untuk menciptakan sesuatu yang unik, apapun pekerjaan itu.

Dia juga banyak mengambil teladan dari Martin Luther King, Jr., yang merupakan contoh bagaimana satu orang bisa terukir dalam sejarah dan hingga kini masih punya pengaruh terhadap dunia.

"Jarang sekali sejarah terukir karena seorang individu, tapi bayangkan dan jangan pernah Anda lupakan efeknya ketika ada seseorang yang berhasil melakukannya. Orang itu bisa saja Anda. Orang itu seharusnya Anda. Pasti Anda bisa melakukannya," pungkas Cook.

Berikut ini video rekaman pidato tersebut:


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.