Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Apple: Hidup Jangan Cuma Jadi Penonton

Kompas.com - 18/05/2015, 14:37 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Recode
KOMPAS.com - "Anda tidak semestinya hidup jadi penonton dari pinggir jalan. Dunia ini membutuhkan Anda berdiri di panggungnya," pesan CEO Apple Tim Cook pada para wisudawan Universitas George Washington tahun 2015, pada Minggu (17/5/2015).

"Masih ada masalah yang harus diselesaikan, ketidakadilan yang mesti diputus. Masih ada orang teraniaya, dan penyakit yang butuh obat. Apapun yang Anda lakukan nanti, dunia ini perlu energi, gairah, dan semangat Anda dalam mencapai kemajuan. Jangan takut pada risiko atau kritik sinis orang lain," imbuhnya.

Seperti dilansir KompasTekno dari Recode, di atas panggung acara wisuda itu, Cook bercerita panjang lebar selama 20 menit. Banyak kenangan-kenangan pribadinya yang disebutkan dalam cerita itu, misalnya soal perjalanan pertamanya ke Washington saat masih pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA).

Cook juga banyak bercerita mengenai Apple, seperti soal pertemuan pertama dan masa ketika Steve Jobs baru kembali ke Apple. Menurut pria berkacamata ini, Jobs adalah seorang idealis yang menghidupkan kembali optimisme dan memberikan arah pada Apple.

"Saya bertemu dengan orang yang membuat saya mempertanyakan semua hal, orang yang mengembangkan asumsi-asumsi saya dengan cara terbaik. Orang itu adalah Steve Jobs," kenang bos Apple itu.

Selain cerita, Cook juga melemparkan sebuah tantangan pada para wisudawan. Dia meminta mereka memanfaatkan pekerjaan masing-masing untuk menciptakan sesuatu yang unik, apapun pekerjaan itu.

Dia juga banyak mengambil teladan dari Martin Luther King, Jr., yang merupakan contoh bagaimana satu orang bisa terukir dalam sejarah dan hingga kini masih punya pengaruh terhadap dunia.

"Jarang sekali sejarah terukir karena seorang individu, tapi bayangkan dan jangan pernah Anda lupakan efeknya ketika ada seseorang yang berhasil melakukannya. Orang itu bisa saja Anda. Orang itu seharusnya Anda. Pasti Anda bisa melakukannya," pungkas Cook.

Berikut ini video rekaman pidato tersebut:


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com