Helio X20 Diminati Banyak Vendor Smartphone

Kompas.com - 19/05/2015, 10:14 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Belum lama setelah prosesor dengan 10 inti diperkenalkan oleh MediaTek pada minggu lalu, muncul kabar bahwa chip yang bersangkutan sudah dilirik oleh sejumlah pabrikan smartphone terkemuka.

Laporan Phone Arena yang dirangkum Kompas Tekno, Senin (18/5/2015) menyebutkan bahwa Sony, LG Electronics, HTC, Lenovo, Meizu, ZTE, Huawei, dan Xiaomi semuanya bakal menggunakan chip "deca-core" bikinan MediaTek itu.

Prosesor bernama Helio X20 tersebut dijadwalkan akan mulai dikirim ke pemesan sekitar pertengahan tahun ini. Berarti, ia akan mulai muncul di produk-produk smartphone pada awal 2016.

Berbeda dari produk-produk chip MediaTek sebelumnya yang menyasar kelas menengah-bawah, Helio X20 digadang-gadang sebagai saingan prosesor Qualcomm di segmen atas pasaran smartphone.

Helio X20 sendiri memiliki 10 inti yang terbagi ke dalam tiga kelompok atau cluster. Salah satu cluster berisi dua core Cortex A72 2,5 GHz berkinerja tinggi yang ditujukan untuk mengerjakan tugas-tugas berat.

Sementara, dua cluster lainnya akan menangani beban pemrosesan sedang dan rendah.

MediaTek mengklaim bahwa konfigurasi pembagian kerja semacam ini bisa menghemat daya tahan baterai hingga 30 persen dibanding chip konvensional, sementara kinerja ponsel bisa dijaga agar tetap mulus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.