Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helio X20 Diminati Banyak Vendor Smartphone

Kompas.com - 19/05/2015, 10:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Belum lama setelah prosesor dengan 10 inti diperkenalkan oleh MediaTek pada minggu lalu, muncul kabar bahwa chip yang bersangkutan sudah dilirik oleh sejumlah pabrikan smartphone terkemuka.

Laporan Phone Arena yang dirangkum Kompas Tekno, Senin (18/5/2015) menyebutkan bahwa Sony, LG Electronics, HTC, Lenovo, Meizu, ZTE, Huawei, dan Xiaomi semuanya bakal menggunakan chip "deca-core" bikinan MediaTek itu.

Prosesor bernama Helio X20 tersebut dijadwalkan akan mulai dikirim ke pemesan sekitar pertengahan tahun ini. Berarti, ia akan mulai muncul di produk-produk smartphone pada awal 2016.

Berbeda dari produk-produk chip MediaTek sebelumnya yang menyasar kelas menengah-bawah, Helio X20 digadang-gadang sebagai saingan prosesor Qualcomm di segmen atas pasaran smartphone.

Helio X20 sendiri memiliki 10 inti yang terbagi ke dalam tiga kelompok atau cluster. Salah satu cluster berisi dua core Cortex A72 2,5 GHz berkinerja tinggi yang ditujukan untuk mengerjakan tugas-tugas berat.

Sementara, dua cluster lainnya akan menangani beban pemrosesan sedang dan rendah.

MediaTek mengklaim bahwa konfigurasi pembagian kerja semacam ini bisa menghemat daya tahan baterai hingga 30 persen dibanding chip konvensional, sementara kinerja ponsel bisa dijaga agar tetap mulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com