Kompas.com - 19/05/2015, 11:14 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Saat Facebook mengakuisisi WhatsApp satu tahun lalu, jejaring sosial itu belum memiliki rencana pasti bagaimana cara memonetisasi layanan pesan instan populer tersebut. Namun, kini Facebook nampaknya telah menemukan caranya.

Dikutip KompasTekno dari situs Bloomberg, Senin (18/5/2015), Facebook berencana untuk memberikan akses bagi pelaku bisnis yang memakai Facebook, untuk terhubung dengan konsumennya yang menggunakan WhatsApp.

WhatsApp bisa menggunakan beberapa fungsi yang sedang diuji oleh Facebook Messenger, seperti interaksi bussiness-to-consumer (B2C) yang bisa dibayar oleh para pelaku bisnis atau penjual.

Rencana Facebook itu terungkap dalam sebuah konferensi teknologi di Boston, AS pada Senin lalu.

"Kami kira memungkinkan pesan B2C adalah bisnis yang potensial bagi kami," demikian ujar David Wehner, Chief Financial Officer Facebook di acara konferensi.

"Kami rasa sudah harus memikirkannya untuk membawa ke Facebook, namun ini lebih ke rencana jangka panjang, bukan jangka pendek," imbuh Wehner.

Facebook sendiri saat mengakuisisi WhatsApp sudah berjanji tidak akan memonetasi layanan pesan instan itu sebelum penggunanya mencapai 1 miliar. Sementara pengguna WhatsApp diperkirakan akan mencapai angka tersebut pada akhir 2015 ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.