Pangsa Pasar Kecil, BlackBerry Kok Masih Bikin Smartphone?

Kompas.com - 19/05/2015, 11:59 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Bisnis smartphone BlackBerry memang sedang turun. Pangsa pasarnya kini kurang dari satu persen secara global. Lalu kenapa BlackBerry masih repot-repot membuat smartphone baru?

CEO John Chen menjawab pertanyaan itu dalam sebuah wawancara dengan Business Insider. Menurut Chen, seperti dikutip KompasTekno, Senin (18/5/2015), keunggulan smartphone BlackBerry adalah dari segi keamanannya.

Android dan iPhone memang bisa didesain menjadi smartphone yang aman, namun tetap tidak akan seaman BlackBerry saat baru pertama kali dikeluarkan dari kardusnya, klaim John.

"Lihat saja U.S. Army (AD AS), mereka masih menggunakan BlackBerry, kalau saya (BlackBerry) tidak memproduksi smartphone lagi, maka pasar saya habis" demikian ujar Chen.

"Sekarang masalahnya adalah, bagaimana kita mencari profit smartphone dari jumlah volume konsumen yang masih tersisa," imbuhnya.

Melalui pernyataannya itu, Chen seolah menegaskan bahwa masih ada ceruk pasar bagi BlackBerry. Smartphone buatan BlackBerry seolah menjadi niche product bagi eksekutif perusahaan besar dan aparat negara yang membutuhkan keamanan komunikasi mobile tingkat tinggi.

BlackBerry di bawah kepemimpinan Chen memang menggunakan strategi mengurangi ketergantungannya kepada pasar smartphone konsumer, dan fokus pada layanan bisnis software keamanan korporasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.