Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Buat Video "Time-Lapse" dari Jutaan Foto di Internet

Kompas.com - 19/05/2015, 19:40 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Mashable
KOMPAS.com - Siapa sangka ternyata jutaan foto yang berserakan di internet bisa diolah menjadi suatu dokumentasi yang menarik. Foto-foto yang biasanya menganggur di berbagai domain itu diambil dan dipakai Google untuk membuat time-lapse video terjadinya perubahan pada tempat tertentu.

Google tidak mengerjakan pengolahan foto ini sendirian. Bersama dengan para peneliti dari University of Washington, raksasa internet itu menganalisis sekitar 86 juta foto yang diambil dari media sosial, termasuk Flickr dan Picasa.

Mereka mengelompokan foto-foto ke dalam jenis landmark, menyortirnya berdasarkan tanggal pemotretan dan mengubahnya ke dalam satu perspektif. Foto-foto tersebut juga sedikit diedit dan setelahnya dijahit kembali berdasarkan satu tema sehingga menunjukkan fase-fase perubahan pada suatu tempat.

Seperti dikutip KompasTekno dari Mashable, Selasa (19/5/2015), video time-lapse yang dihasilkan sebenarnya serupa dengan time-lapse pada umumnya. Tapi hal paling menarik dari proses ini adalah foto-foto tersebut masing-masing dipotret oleh orang yang berbeda, dalam waktu berbeda dan sama sekali tidak berkaitan.

Hasilnya adalah lebih dari 10.000 video yang sulit diwujudkan bila proses perekaman hanya meamakai satu kamera. Misalnya time-lapse mengenai kemunculan atau mengeringnya aliran air terjun, atau proses mengeringnya air di kawah sebuah gunung.

Proyek kreatif ini rencananya akan ditampilkan dalam konferensi thaunan Siggraph di Los Angeles, 9 hingga 13 Agustus mendatang. Simak video di bawah ini untuk melihat video time-lapse tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com