Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Mi 4i Belum Dukung 4G LTE Indonesia

Kompas.com - 20/05/2015, 10:32 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena dukungan spektrum jaringan yang dimilikinya, smartphone terbaru Xiaomi, Mi 4i, ternyata saat ini belum mendukung 4G LTE di Indonesia.

Menurut Hugo Barra, VP Xiaomi Global, Mi 4i hanya mendukung band 3 atau spektrum 1.800 Mhz untuk koneksi 4G.

Itu artinya, perangkat tersebut saat ini masih belum dapat digunakan untuk berselancar dengan jaringan baru itu di Tanah Air, setidaknya sampai proses migrasi ke spektrum 1.800 MHz usai.

Sekadar informasi, saat ini jaringan 4G LTE yang ada di Indonesia berada di spektrum 900 MHz. Sementara itu, para operator di Indonesia sedang dalam proses migrasi ke spektrum 1.800 MHz dan dijadwalkan akan rampung pada akhir tahun 2015 ini.

"Belum ada rencana menghadirkan Mi 4i dengan dukungan jaringan 900 MHz," kata Hugo, saat menjawab pertanyaan apakah Xiaomi bakal menghadirkan Mi 4i dengan konfigurasi dukungan jaringan tersebut atau tidak.

Dalam sebuah acara di Jakarta, Selasa (19/5/2015), Xiaomi memperkenalkan perangkat terbarunya, Mi 4i.

Xiaomi Mi 4i hadir dengan bentang layar 5 inci. Layar tersebut sudah mendukung resolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel) dengan tingkat kerapatan 441 piksel.

Layar tersebut dapat dikatakan cukup unik karena sudah dilengkapi dengan teknologi Sunlight Display. Dengan fitur ini, layar Mi 4i diklaim tetap nyaman digunakan meski berada di bawah sinar matahari secara langsung.  

Dari segi "jeroan", Xiaomi Mi 4i dilengkapi dengan SoC Snapdragon 615 64-bit 1,7 GHz octa core, RAM 2 GB, dan media penyimpanan 16 GB. Tidak ada slot untuk media penyimpanan di perangkat tersebut.

Kamera utama pada ponsel ini memiliki resolusi sebesar 13 megapiksel, didampingi kamera depan dengan resolusi 5 megapiksel.

Mi 4i dibekali baterai berkapasitas cukup besar, yaitu 3.120 mAh, lebih besar dari baterai iPhone 6. Baterai yang dipasok oleh Sony dan Samsung tersebut diklaim bisa bertahan hingga satu setengah hari.

Ia berjalan di sistem operasi Android 5.0 Lollipop yang dipercantik dengan antarmuka MIUI 6.0.

( Dalam rangkaian peluncuran Mi 4i di Jakarta, Hugo juga sempat mempertontonkan aksi bongkar-pasang perangkat tersebut dan memamerkan jeroannya. Simak aksinya di Nextren.com: Aksi Hugo Barra Preteli Xiaomi Mi4i di Jakarta )

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com