Kompas.com - 21/05/2015, 10:51 WIB
Samsung dan Apple Samsung dan AppleSamsung dan Apple
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Juri di pengadilan banding tentang kasus pelanggaran hak cipta memenangkan Apple. Namun besaran denda yang dijatuhkan juri kepada Samsung lebih rendah dari tuntutan yang dijatuhkan sebelumnya.

Dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, Kamis (21/5/2015), pada persidangan sebelumnya, juri pengadilan menjatuhkan denda sebesar 1,05 miliar dollar AS kepada Samsung.

Namun pada persidangan yang berlangsung pada Senin (18/5/2015) lalu, juri memutuskan Samsung harus membayar ganti rugi lebih rendah, yaitu 930 juta dollar AS setelah hakim pengadilan melakukan persidangan ulang terhadap beberapa kasus.

Samsung sendiri bersikeras bahwa seharusnya denda yang dijatuhkan kepadanya bisa lebih rendah lagi, yaitu 382 juta dollar AS karena pelanggaran hak karya cipta yang dimaksud bukan menyangkut tentang desain penampilan suatu produk.

Juru bicara Apple juga membantah dan mengatakan bahwa Samsung jelas-jelas meniru produk Apple. "Ini adalah kemenangan bagi siapa saja yang menghormati desain," ujar Apple.

Sementara Samsung mengatakan bahwa pihaknya yakin produk-produknya tidak melanggar paten desain Apple dan hak kekayaan intelektual lainnya.

"Kami akan terus melakukan semua upaya untuk melindungi produk-produk kami," imbuh pernyataan Samsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kasus hak paten terkait desain antara Apple melawan Samsung ini menjadi kasus besar di industri smartphone yang masih berjalan di persidangan AS. Keduanya sudah sepakat untuk membatalkan semua perselisihan yang berlangsung di luar AS.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.