BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo
GADGET

Mengenal Alumunium Alloy, Material "Smartphone" Populer Saat Ini

Kompas.com - 21/05/2015, 12:00 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Tak banyak produsen smartphone yang konsisten menyajikan citarasa premium pada produknya. Penggunaan material metal, yaitu alumunium alloy dan stainless stell, kini telah banyak digunakan produsen smartphone untuk melindungi dari benturan. Apa itu alumunium alloy?

Alumunium merupakan logam ringan yang berlimpah di muka bumi. Jumlahnya sendiri 8 persen dari luas permukaan bumi.

Selain kuat, logam ini tergolong paling ringan. Logam ini banyak digunakan pada komponen yang membutuhkan kekuatan tinggi, namun fleksibel dan ringan, misalnya untuk material pesawat terbang atau lambung kapal. Lalu, mengapa kini material tersebut banyak digunakan sebagai kerangka smartphone?

Seperti diketahui, alumunium merupakan penghantar panas yang sangat baik. Panas dihasilkan oleh komponen di dalam smartphone, misalnyaprosesor dan GPU, akan secara mudah disebarkan suhunya melalui bahan alumunium.

Suhu yang disebarkan itu akan membuat pendinginan perangkat akan berlangsung lebih cepat. Bahan ini pun sangat fleksibel untuk dibentuk, selain kekuatan juga sangat baik untuk melindungi komponen dari benturan.

Hal itulah yang diterapkan Oppo pada model terbarunya, R1x. Dengan menggunakan material alumunium alloy, smartphone seri ini bukan hanya menjamin tampilan fesyennya menjadi cantik, namun juga memberi perlindungan terhadap perangkat di dalamnya.

Oppo memang melakukan pemolesan pada frame R1x sehingga memancarkan kesan berkilau. Penampangnya juga halus sehingga memperkuat tampilannya lebih premium, namun tetap nyaman dalam genggaman.

Baca tentang

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com