Menjajal dan Melihat dari Dekat Xiaomi Mi 4i

Kompas.com - 21/05/2015, 13:13 WIB
Ponsel Xiaomi Mi 4i menggunakan body berbahan plastik polikarbonat Oik Yusuf/Kompas.comPonsel Xiaomi Mi 4i menggunakan body berbahan plastik polikarbonat
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Xiaomi baru saja meluncurkan Mi 4i andalannya di Indonesia. Dibandingkan Mi4, pendahulunya, ponsel kali ini menawarkan perubahan dari sisi desain hingga piranti keras di dalamnya.

Resminya, ponsel seharga Rp 2,799 juta ini baru mulai dijual pada 26 Mei mendatang. Namun KompasTekno memperoleh kesempatan untuk mencicipi perangkat genggam buatan Tiongkok tersebut, Rabu (20/5/2015).

Mi 4i ini dapat dikatakan sebagai penerus Mi4 yang sudah meluncur sebelumnya. Namun bila dibandingkan dengan saudaranya itu, Mi4i ini cenderung terkesan lebih murah.

Kesan tersebut karena Xiaomi memang tidak lagi menyematkan kerangka logam di bagian tepi ponsel. Mereka justru lebih memilih menggantinya dengan bahan plastik polikarbonat yang diberi finishing matte.

Walaupun begitu pemilihan bahan ini tak lantas membuatnya jadi lebih buruk. Pengguna tetap akan merasa nyaman saat menggenggam Xiaomi Mi 4i karena cover belakangnya tidak licin dan mantap melekat di tangan.

Oik Yusuf/Kompas.com Casing belakang Xiaomi Mi 4i diberi finishing matte dan tidak terasa licin dalam genggaman
Pada bagian belakang Mi 4i ini bertengger sebuah kamera berketajaman 13 megapiksel dengan sensor CMOS Sony atau Samsung. Kamera ini dirancang dengan bukaan lebar f/2.0 sehingga dapat dipakai untuk memotret dalam suasana yang remang-remang. Xiaomi juga membekali kamera ini dengan two tone flash yang ada tepat di samping lensa kamera.

Melirik ke bagian bawah cover belakang ponsel ini akan terlihat lubang-lubang yang merupakan grill speaker. Vice President Xiaomi Global Hugo Barra mengatakan speaker tersebut memang sengaja ditempatkan di bawah agar suara yang keluar dapat lebih jelas terdengar.

Beralih ke bagian depan, pengguna akan menemukan layar berukuran 4,95 inci dengan kontras warna yang cerah dan tajam. Xiaomi merancang layar ini dengan resolusi 1920 x 1080 piksel (full high definition) dan kerapatan 441 piksel per inci.

Oik Yusuf/Kompas.com Ponsel Xiaomi Mi 4i dalam kardus penjualannya
Pada bagian atas layar terdapat speaker untuk percakapan telepon, sebuah kamera 5 megapiksel dan sensor cahaya. Sementara pada bagian bawah layar disematkan tombol capacitive back, home dan recent apps yang berfungsi untuk navigasi.

Sensor cahaya di sini berfungsi mengatur kecerahan layar sesuai dengan situasi pencahayaan di sekeliling pengguna. Bedanya dengan ponsel lain, sensor ini dipadukan dengan fitur Sunlight Display yang membuat layar tidak akan silau meski digunakan di bawah matahari terik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X