Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemindai Sidik Jari Jadi Fitur Wajib Android M

Kompas.com - 22/05/2015, 10:27 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Standar fitur pemindai sidik jari di smartphone Android dikabarkan akan dihadirkan oleh Google di sistem operasi terbaru, Android M.

Dikutip KompasTekno dari Android Police, Kamis (21/5/2015), OS Android terbaru itu rencananya baru akan diperkenalkan Google pada ajang Google I/O yang akan digelar minggu depan di San Francisco, AS.

Fitur pemindai sidik jari memang telah diperkenalkan di berbagai smartphone Android dalam kurun satu tahun terakhir, namun fitur tersebut menggunakan software buatan pabrikan smartphone sendiri, bukan Google sebagai penyedia OS Android.

Dengan demikian, fitur pemindai sidik jari akan menjadi hardware wajib dalam sistem operasi stok Android M. Fitur yang sama pun juga rencananya akan diperkenalkan di Android versi AOSP (bukan lisensi Google).

Namun seperti diketahui, perangkat smartphone buatan Google, yaitu seri Nexus, selama ini belum memiliki fitur pemindai sidik jari. Sementara fitur-fitur baru dalam Android biasanya diintegrasikan dalam Nexus terlebih dahulu.

Hal tersebut kemungkinan membuat fitur pemindai sidik jari belum bisa digunakan karena menunggu perangkat Nexus baru meluncur tahun depan, atau Google akan merilis perangkat baru dalam Google I/O nanti.

Dengan membuat perangkat baru lebih dini, maka Google akan memberikan kesempatan bagi pengembang untuk mempelajari dan membuat aplikasi dengan pemindai sidik jari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com