Pemindai Sidik Jari Jadi Fitur Wajib Android M

Kompas.com - 22/05/2015, 10:27 WIB
Pemindai sidik jari pada Galaxy S5 mengharuskan pengguna menyapukan jari secara vertikal oik yusuf/ kompas.comPemindai sidik jari pada Galaxy S5 mengharuskan pengguna menyapukan jari secara vertikal
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Standar fitur pemindai sidik jari di smartphone Android dikabarkan akan dihadirkan oleh Google di sistem operasi terbaru, Android M.

Dikutip KompasTekno dari Android Police, Kamis (21/5/2015), OS Android terbaru itu rencananya baru akan diperkenalkan Google pada ajang Google I/O yang akan digelar minggu depan di San Francisco, AS.

Fitur pemindai sidik jari memang telah diperkenalkan di berbagai smartphone Android dalam kurun satu tahun terakhir, namun fitur tersebut menggunakan software buatan pabrikan smartphone sendiri, bukan Google sebagai penyedia OS Android.

Dengan demikian, fitur pemindai sidik jari akan menjadi hardware wajib dalam sistem operasi stok Android M. Fitur yang sama pun juga rencananya akan diperkenalkan di Android versi AOSP (bukan lisensi Google).

Namun seperti diketahui, perangkat smartphone buatan Google, yaitu seri Nexus, selama ini belum memiliki fitur pemindai sidik jari. Sementara fitur-fitur baru dalam Android biasanya diintegrasikan dalam Nexus terlebih dahulu.

Hal tersebut kemungkinan membuat fitur pemindai sidik jari belum bisa digunakan karena menunggu perangkat Nexus baru meluncur tahun depan, atau Google akan merilis perangkat baru dalam Google I/O nanti.

Dengan membuat perangkat baru lebih dini, maka Google akan memberikan kesempatan bagi pengembang untuk mempelajari dan membuat aplikasi dengan pemindai sidik jari.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X