Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Indonesia Disebut Juru Selamat Samsung?

Kompas.com - 22/05/2015, 13:20 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Raksasa elektronik asal Korea Selatan, Samsung, sedang menghadapi masalah di negara dengan pasar smartphone terbesar di dunia, Tiongkok. Indonesia digadang-gadang menjadi juru selamat bagi vendor pembuat lini smartphone Galaxy ini.

Seperti diketahui, menurut laporan dari IDC, pengiriman smartphone Samsung di Tiongkok menurun 4,3 persen secara year-on-year pada kuartal pertama 2015. Hal tersebut menjadi penurunan pertama bagi Samsung dalam kurun enam tahun terakhir.

Pada waktu bersamaan, pengiriman perangkat smartphone Apple justru meningkat lebih dari 60 persen. Dikutip KompasTekno dari Bloomberg View, Kamis (21/5/2015), hal itu menunjukkan bahwa pasar smartphone Tiongkok sudah berkembang dan hampir menyerupai pasar Amerika Serikat alih-alih pasar negara berkembang.

Selain itu, Samsung juga mengalami tekanan di kelas bawah karena produk-produk smartphone murah buatan vendor Tiongkok, seperti Xiaomi, juga ternyata kian mendesak.

Xiaomi dengan smartphone murah tetapi memiliki value yang tinggi, dengan spesifikasi dan performa di atas rata-rata, juga menggerogoti pangsa pasar Samsung.

Untuk bisa bersaing, Samsung mau tak mau harus menurunkan harga jual smartphone-nya. Namun, menurunkan harga jual juga berarti Samsung harus menurunkan ongkos produksi. Di sinilah peranan Indonesia berada.

Menurut laporan Bloomberg Intelligence, tenaga kerja di Indonesia diprediksi berpenghasilan rata-rata 0,79 dollar AS per jam pada 2018 mendatang. Sementara itu, pekerja di Tiongkok rata-rata mendapat upah 4,79 dollar AS per jam.

Dengan upah yang hampir tiga perempat lebih rendah itu, Samsung berpotensi mengalihkan lini produksi smartphone-nya dari Tiongkok ke Indonesia.

Bahkan, menurut Samsung Indonesia, Galaxy S6 yang baru saja diluncurkan telah diproduksi di pabriknya di Cikarang, Jawa Barat, Indonesia.

"Iya, buatan Indonesia. Galaxy S6 dan S6 Edge, dua-duanya buatan Indonesia," kata Vice President Corporate Business and Corporate Affairs Samsung Indonesia, Lee Kanghyun, kepada KompasTekno beberapa waktu lalu.

The Wall Street Journal juga menulis bahwa Samsung telah mulai membuka lini produksi smartphone di Indonesia pada tahun ini dengan kapasitas produksi 1,5 juta unit smartphone per bulan. Bloomberg View menyebutnya sebagai langkah yang pintar dari Samsung.

Dengan jumlah penduduk yang besar, sekitar 250 juta (terbesar di Asia Tenggara), serta posisinya sebagai negara yang sedang berkembang, upah tenaga kerja di Indonesia kurang dari separuh upah tenaga kerja di Tiongkok.

Dengan membuat pabrik di Indonesia, Samsung juga bisa memenuhi syarat produksi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 40 persen untuk smartphone-smartphone 4G yang akan beredar di sini.

Perusahaan multinasional lain, seperti Apple, pastinya akan kesulitan untuk memenuhi syarat TKDN 40 persen, atau terpaksa harus membuka fasilitas perakitan di Indonesia.

Namun, Bloomberg View juga mengatakan bahwa strategi memindahkan fasilitas produksi dari Tiongkok ke Indonesia belum tentu menjamin kesuksesan Samsung. Hal itu terutama disebabkan, lagi-lagi, penetrasi smartphone buatan vendor Tiongkok seperti Xiaomi yang tinggi di Indonesia.

"Namun, dengan lebih dulu memberdayakan tenaga kerja di Indonesia, itu bisa jadi memberikan keuntungan bagi Samsung dibanding kompetitor lain," demikian tulis Bloomberg View.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com