Kompas.com - 24/05/2015, 10:33 WIB
UC Browser IstUC Browser
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Tiongkok, Alibaba mengeluarkan pernyataan resminya  menanggapi isu browser buatannya, UC Browser yang disebut dijadikan sebagai alat mata-mata oleh intelijen AS, NSA (National Security Agency).

Menurut Alibaba, semua isu keamanan selalu ditanggapi secara serius oleh perusahaan dan Alibaba melakukan segala kemungkinan untuk melindungi para pengguna mereka.

Alibaba juga mengklaim telah diberitahu perihal celah keamanan dalam browser-nya, UC Browser yang digunakan oleh pihak ketiga. "Kami bergerak cepat untuk menyelidiki masalah ini," demikian keterangan tertulis Alibaba yang diterima KompasTekno, Sabtu (23/5/2015).

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Alibaba pun menyarankan penggunanya untuk melakukan update aplikasi UC Browser.

"Kami tidak memiliki bukti bahwa informasi pengguna telah diambil. Namun, untuk mengatasi masalah ini, UCWeb telah secara proaktif meminta pengguna UC Browser untuk memperbarui browser mereka ke versi terbaru," demikian penjelasan Alibaba.

Seperti diberitakan sebelumnya, menurut dokumen yang dibocorkan oleh Edward Snowden, CIA ditengarai menggunakan aplikasi UC Browser untuk melakukan kegiatan mata-matanya.

CIA disebut mengumpulkan data pengguna, seperti kata kunci pencarian, browsing history, nomor kartu SIM, dan identitas perangkat. Menurut analisa yang dilakukan firma Citizen Lab, informasi yang disadap NSA melalui UC Browser juga meliputi ID unik perangkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Citizen Lab telah memberitahukan hal tersebut kepada Alibaba, dan perusahaan pengembang browser itu pun mengatakan telah memberikan update untuk UC Browser di awal bulan ini, untuk menambal celah keamanannya. Menurut Alibaba, kebocoran itu bukan disengaja.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.