Situsnya Diretas, Ini Kata Pengawas Internet Indonesia

Kompas.com - 25/05/2015, 13:14 WIB
Situs ID-Sirtii diretas dan diubah tampilannya oleh peretas yang mengaku sebagai h3ll_id screenshotSitus ID-Sirtii diretas dan diubah tampilannya oleh peretas yang mengaku sebagai h3ll_id
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Hari Senin (25/5/2015), situs resmi Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure ID-SIRTII menjadi korban kejahilan hacker.

Akibatnya, laman muka situs yang beralamat di www.idsirtii.or.id itu tak bisa diakses seperti biasa. Apa yang sedang terjadi?

"Ini model serangan yang disebut dengan DNS hijacking," terang Ketua ID-SIRTII Rudi Lumanto mengenai kejadian yang menimpa situs online lembaganya, ketika dihubungi Kompas Tekno siang ini.

DNS hijacking adalah praktik mengalihkan trafik yang menuju sebuah situs dengan cara memodifikasi database IP di server DNS. Dalam hal ini, Rudi mengatakan bahwa domain ID-SIRTII dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

"Kalau terjadi perubahan dalam datanya di server mereka (PANDI), maka akses ke domain ID-SIRTII bisa dibelokkan," lanjut Rudi, sambil menambahkan bahwa situs ID-SIRTII sudah mengalami gangguan sejak Senin (25/5/2015) dini hari.

Oik Yusuf/ Kompas.com Situs ID-SIRTII bisa tetap diakses dengan mengetikkan alamat IP secara langsung di kolom URL

Berdasarkan pantauan Kompas Tekno, hingga sekitar pukul 12.00 siang tadi, pengunjung yang hendak mengakses situs ID-SIRTII masih dibelokkan ke laman hacker yang berisi gambar sosok tanpa wajah dengan jaket abu-abu, di atas latar belakang berwarna hitam.

Rudi menyarankan pengunjung yang ingin mengakses situs ID-SIRTII agar membersihkan cache browser terlebih dahulu, agar tidak dibelokkkan ke laman hacker.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alternatifnya situs ID-SIRTII tetap bisa diakses secara normal dengan mengetikkan alamat IP secara langsung di kolom URL pelanggan. Alamat IP untuk domain www.idsirtii.or.id adalah http://203.34.118.11.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab melakukan DNS Hijacking terhadap situs lembaga yang bertugas melakukan pemantauan, deteksi dini, dan peringatan dini mengenai ancaman melalui internet di Indonesia itu. "Lagi dilacak," tandas Rudi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X