Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2015, 15:11 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Smartphone Android memang memberikan fitur Factory Data Reset untuk mengembalikan kondisi sistem operasi smartphone seperti dari pabriknya. Opsi tersebut sekaligus menghapus data yang tersimpan dalam memori internal smartphone.

Namun dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Senin (24/5/2015), baru-baru ini seorang peneliti dari Cambridge University menemukan bahwa data yang telah di-reset itu bisa dikembalikan lagi.

Data yang dimaksud bukan hanya data seperti password akun Google, melainkan juga data foto, pesan teks, daftar kontak, dan media lain yang pernah ditulis dalam memori internal.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh pihak universitas, jumlah perangkat yang mereka uji memang hanya sedikit jika dibandingkan dengan jumlah perangkat Android yang ada di pasaran. Namun perangkat-perangkat tersebut banyak digunakan oleh pengguna.

Dengan menguji 21 perangkat buatan lima vendor smartphone berbeda, yang menjalankan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread hingga 4.3 Jelly Bean, peneliti masih bisa mengembalikan data setelah smartphone di hard reset.

Peneliti juga mengklaim bahwa 80 persen dari perangkat yang diambil datanya itu juga bisa memberikan akses kepada data Google.

Data tersebut bahkan masih bisa diambil walau telah dienkripsi sebelum dilakukan factory reset. Hal tersebut dimungkinkan sebab penyimpanan flash yang dimiliki smartphone Android memiliki kelemahan.

Selain itu, vendor pembuat smartphone juga jarang ada yang memberikan driver software yang benar-benar bisa menghapus penyimpanan.

Berikut adalah daftar perangkat smartphone yang menurut penelitian dari Cambridge University masih rentan datanya diambil walau telah dilakukan factory reset.

Android 2.2.x Froyo:
HTC Nexus One
Motorola Defy

Android 4.0.x ICS:
HTC Sensation    
Samsung Galaxy S3
HTC Desire C
Samsung Galaxy S2
LG Optimus L5

Android 2.3.x Gingerbread:
Samsung Galaxy S+    
HTC Wildfire S
HTC Desire S
Samsung Galaxy S    
Samsung Galaxy S2    
Samsung Galaxy ACE    
LG Optimus L3    
Nexus S

Android 4.(1-3).x Jelly Bean:   
Nexus 4 (2)
Motorola RAZR i
LG Optimus L7
Nexus S    
Samsung Galaxy Note
HTC One S
HTC One X

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.