Resmi Dirilis, Xperia Z4 Berubah Menjadi Z3 Plus di Global

Kompas.com - 27/05/2015, 08:28 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Sony akhirnya benar-benar merilis Xperia Z4 untuk pasar global. Uniknya, perangkat tersebut tidak membawa label nama yang sama, melainkan Xperia Z3+ (Plus).

Penggunaan nama Xperia Z3+ sendiri dinilai sebagai langkah yang tepat oleh sebagian besar media. Pasalnya, perangkat tersebut tidak membawa begitu banyak perubahan dari seri sebelumnya, Xperia Z3.

Keduanya memang terlihat memiliki desain fisik yang sama, meskipun perusahaan asal Jepang itu menghadirkan perubahan minor.

Seperti dikutip KompasTekno dari Engadget, Rabu (27/5/2015), port micro USB, tempat untuk charging baterai dan transfer data ke komputer, dipindah posisinya. Apabila sebelumnya ada di kiri atas, port tersebut saat ini terletak di bagian bawah, tanpa dilindungi oleh cover apapun.

Menurut pihak Sony, meski sudah tidak pakai penutup, hal tersebut tidak mengganggu sertifikasi IP65/68 yang sudah ada. Xperia Z3+ tetap memiliki kemampuan tahan air dan tahan debu yang sama dari saudara kandungnya itu.

Perbedaan lainnya terletak di segi "jeroan". Sebagai model yang lebih baru, Xperia Z3+ menggunakan prosesor yang lebih bertenaga ketimbang seri sebelumnya. Xperia Z3+ sendiri hadir dengan SoC Snapdragon 810 64-bit octa-core buatan Qualcomm yang dikombinasikan dengan RAM 3 GB.

Di perangkat sebelumnya, hadir SoC Snapdragon 801 yang juga buatan Qualcomm.

Perbedaan lainnya terletak di segi kamera depan. Kali ini, Sony memilih menggunakan kamera 5 megapiksel, meningkat dari 2 megapiksel.

Sayangnya, demi memangkas dimensi perangkat, Sony harus mengurangi kapasitas baterai dari 3.100 yang ada di Xperia Z3 menjadi 2.900 di Xperia Z3+. Akibat pemotongan tersebut, tebalnya sedikit berkurang dari 7,3mm ke 6,9m.

Selain itu, perangkat ini masih menggunakan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Layarnya masih berukuran 5,2 inci dengan resolusi 1.080 x 1.920 piksel dan kamera utamanya masih 20,7 megapiksel.

Masih belum diketahui berapa harga dari perangkat ini. Xperia Z3+ dijadwalkan untuk hadir di pertengahan tahun 2015 ini juga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.