Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
GADGET

Nikmati, Hujan Informasi Melalui Notifikasi!

Kompas.com - 27/05/2015, 10:28 WIB
Magdalena Windiana Siahaan

Penulis

KOMPAS.com - Di era serba cepat seperti saat ini smartphone menjadi alat bantu datangnya informasi. Berbagai kalangan jelas membutuhkan informasi tercepat, baik itu yang berhubungan dengan bisnis maupun sekedar kabar terbaru dari media sosial. Untuk itu, beberapa smartphone terkini didesain dengan fitur-fitur yang bisa memudahkan penggunanya mendapatkan info.

Secara harafiah, notifikasi seolah menjadi alarm penunjang sehari-hari untuk berbagai lintas informasi tersebut. Dibutuhkan aktivitas multitasking yang mumpuni agar Anda tetap up to date.

Namun, multitasking bukanlah hal yang mudah. Katakanlah, Anda sedang menikmati makan siang, namun di saat itu Anda juga harus mengecek harga saham. Tentu, hal itu membutuhkan konsentrasi tinggi.

Bak sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui, peribahasa tersebut bisa mewakili tren gaya bekerja masa kini. Kesibukan sehari-hari membuat pekerja aktif perlu melakukan satu pekerjaan sambil melakukan kegiatan lainnya. Dalam waktu bersamaan mereka bisa mendapatkan beberapa hasil atau keuntungan sekaligus. 

Perangkat pilihan

Psikolog, David E Meyer, seorang cognitive scientist dan Direktur The Brain, Cognition & Action Laboratory di Universitas Michigan mengatakan bahwa multitasking akan memperlambat orang menyelesaikan pekerjaan, bahkan memperbesar kemungkinan mereka melakukan kesalahan. Hal itu disebabkan karena gangguan dan interupsi yang menyertai pelaksanaan multitasking sehingga akan menghambat kemampuan orang dalam mengolah informasi. 

cdn.recombu.com Dibutuhkan aktivitas multitasking yang mumpuni agar Anda tetap up to date.

Nyatanya, tidak demikian hal itu berlaku saat ini. Solusi yang bisa Anda jadikan pilihan adalah cukup mengatur semua informasi di dalam satu folder khusus. Anda bisa mengatur notifikasi yang Anda butuhkan tanpa perlu menghabiskan waktu mengecek smartphone Anda.  

Selain itu, Anda juga bisa mengatur media sosial yang dirasa penting untuk Anda aktifkan notifikasinya. Perangkat yang Anda pilih pun bisa menjadi pertimbangan untuk melakukan hal itu. 

Pilih juga smartphone yang menunjang pekerjaan Anda. Apabila pekerjaan mendatangkan "hujan informasi" melalui notifikasi, Anda tidak perlu melakukan aktivitas multitasking berlebihan. Anda tinggal mengecek di satu folder sambil tetap dapat berkomunikasi. 

Salah satu contohnya, saat ini Samsung Galaxy Note Edge telah menghadirkan dua display pada satu layar. Hal itu memungkinkan penggunanya memanfaatkan main display secara penuh untuk mengeksplorasi aplikasi di dalamnya tanpa terganggu munculnya menu notifikasi pesan atau jendela panggilan telepon. 

Smartphone ini memiliki keunggulan di layar lengkungnya sehingga segala notifikasi dialihkan pada sidebar display berbentuk lengkung seperempat lingkaran di bagian tepi kanan tersebut. Yang menarik, sisi lengkung itu dirasa menjadi solusi agar tampilan depan di layar tidak terganggu oleh notifikasi yang masuk. Jadi, tampilan sidebar tersebut dapat dilihat dari depan hingga samping. 

Nah, saat Anda tengah makan siang atau meeting dengan rekan bisnis, jika Samsung Galaxy Note Edge milik Anda diletakkan pada posisi rebah, kemudian tertindih buku atau diselipkan dalam tas atau dompet, Anda masih dapat mengintip notifikasi atau informasi pada sidebar display tersebut dari arah samping. Kelebihan ini tentu akan memberikan pengalaman berbeda bagi penggunanya.

Dus, solusi tersebut tentu memudahkan Anda bekerja, termasuk mengatur arus informasi yang dibutuhkan saat itu. Anda juga bisa meminimalisir kegagalan multitasking Anda demi mencapai keseimbangan kualitas bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com