iOS 9 Dikabarkan Bakal Sulit "Ditembus"

Kompas.com - 27/05/2015, 10:58 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sejarah jailbreak di perangkat-perangkat berbasis iOS tampak akan usai. Di update iOS terbaru, 9.0, Apple dikabarkan sudah menyiapkan sebuah fitur keamanan baru untuk mencegah proses jailbreak.

Seperti KompasTekno kutip dari Ubergizmo, Rabu (27/5/2015), Apple dikabarkan sedang mengembangkan sebuah sistem keamanan baru yang bakal memulai debutnya di iOS dan Mac. Sistem keamanan tersebut dikatakan sebagai "Rootless".

Sistem itu sendiri dikatakan mampu melindungi kedua jenis perangkat tersebut dari program jahat (malware) dan proses jailbreak.

Masih belum diketahui cara kerja dari Rootless. Akan tetapi, ia dikabarkan akan menjaga sistem sensitif yang ada di iOS dan MacOS untuk dimodifikasi atau dirusak.

Oleh karena hal itulah, sistem iOS dikabarkan akan sangat sulit melakukan jailbreak karena biasanya dibutuhkan modifikasi sistem sensitif.

Aktivitas dunia jailbreak sendiri dikatakan sangat jarang terjadi belakangan ini. Pasalnya, Apple dikatakan sudah berhasil menutup beberapa lubang keamanan yang biasanya dimanfaatkan untuk proses tersebut.

Pada kenyataannya, pada iOS versi 8 yang ada saat ini, sudah ada yang berhasil melakukan hal tersebut. Namun, hasil jailbreak tidak pernah dibagikan ke khalayak umum.

Sekadar catatan, jailbreak memang sudah ditetapkan sebagai suatu proses yang legal oleh pemerintah AS. Namun, Apple tetap saja tidak menyetujui proses ini dilakukan di produk-produk milik mereka.

Pasalnya, semua produk yang berhasil di-jailbreak bisa menikmati aplikasi-aplikasi dari pihak ketiga yang tidak disetujui Apple. Hal ini, menurut Apple, merupakan suatu hal yang berbahaya. Ya, para penjahat cyber dapat dengan mudah menyelipkan script berbahaya ke sebuah aplikasi dan biasanya, tanpa sadar konsumen akan mengunduh aplikasi ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Ubergizmo


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.