Dedengkot Desain Apple Punya Jabatan Baru

Kompas.com - 28/05/2015, 09:59 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Jonathan "Jony" Ive punya peran baru di Apple. Kini, desainer legendaris Apple ini menduduki jabatan baru sebagai Chief Design Officer Apple.

Seperti dikutip KompasTekno dari Techcrunch, Rabu (27/5/2015), jabatan yang diembannya saat ini meningkat dari jabatan yang baru saja ditinggalkannya, yakni Senior Vice President of Design.

"Kami dengan senang mengumumkan bahwa Jony Ive telah dipromosikan ke posisi yang baru kami ciptakan, Chief Design Officer Apple," kata juru bicara Apple.

Di posisi barunya itu, Ive masih akan berperan dalam mendesain semua produk Apple, baik itu untuk tampilan antarmuka sistem operasi dan juga perangkat-perangkat (industrial) buatan Apple.

Bedanya dengan jabatan sebelumnya, pekerjaan administratif dan manajemen kini diserahkan kepada dua orang tangan kanan Ive. Keduanya adalah Richard Howarth sebagai Head of Industrial Design Apple dan Alan Dye sebagai Head of User Interface.

"Tanggung jawab manajerial harian Jony akan diserahkan kepada kolaborator lamanya, Richard Howarth, VP of Industrial Design, dan Alan Dye, VP of User Interface," tutur juru bicara tersebut.

Howarth sendiri selama ini dikenal sebagai salah satu anggota tim pengembang desain iPhone dan Mac. Ia telah bekerjasama dengan Ive selama dua dekade belakangan ini.

Sementara itu, Dye sebenarnya anggota tim marketing dan komunikasi Apple, tetapi dipindahkan ke divisi desain tampilan antarmuka. Dye sendiri merupakan salah satu kunci pembuat desain tampilan Apple Watch.

Naiknya jabatan dan tanggung jawab baru yang diembannya memang sudah lama diidam-idamkan oleh Ive. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Ive memang tidak terlalu menyukai kegiatan administratif dan manajerial dalam perusahaan.

Ive memang lebih gemar mengurus dan mengembangkan proses desain perusahaan. Dalam jabatannya baru ini, Ive dikatakan akan fokus membantu mengembangkan desain antarmuka dan produk Apple, termasuk juga desain toko retail Apple Store yang ada di seluruh dunia.

Kira-kira, desain baru seperti apa lagi yang akan dihadirkan oleh Ive?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.