Kompas.com - 28/05/2015, 12:16 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Asus memang baru saja merilis smartphone andalan teranyarnya, ZenFone 2. Akan tetapi, waktu peluncuran yang dapat dikatakan seumur jagung ini tidak membuatnya berhenti menggarap ZenFone seri termutakhir, ZenFone 3.

Tidak hanya baru sekadar mengembangkan saja, seri itu dikabarkan sudah siap. Hal tersebut terlihat dari sudah hadirnya perangkat yang diduga kuat sebagai ZenFone 3 di situs situs lembaga sertifikasi perangkat seluler Tiongkok, TENAA.

Di situs itu sendiri, seperti dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (28/5/2015), memang tidak dicantumkan secara terang-terangan nama ZenFone 3. Hanya tertulis nama seri Z00EDB untuk perangkat tersebut. Namun, banyak yang menduga bahwa produk ini memang benar sebagai ZenFone 3.

Berdasarkan gambar yang dilansir oleh TENAA, terlihat bahwa bagian belakang produk ini terlihat sedikit berbeda dari ZenFone 2. Tampaknya, Asus memilih menggunakan dual lampu flash LED sebagai pelengkap kamera utamanya.

Sedangkan bagian depannya tidak memperlihatkan desain yang terlalu berbeda dari seri ZenFone sebelumnya.

Sementara itu, dari bagian spesifikasi, ZenFone 3 bakal dilengkapi layar berbentang 5 inci dengan resolusi HD 1.280 x 720 piksel. Layar tersebut dilapisi kaca buatan Corning, Gorilla Glass 3.

Bagian internalnya dipersenjatai SoC dengan arsitektur 64-bit yang terdiri dari CPU 1,2 GHz quad-core dan GPU Mali. Ada juga RAM 2 GB dan media penyimpanan berkapasitas 16 GB.

Kamera utamanya memiliki sensor 8 megapiksel dengan kemampuan HDR dan kamera 5 megapiksel di bagian depannya.

Perangkat tersebut nantinya bakal langsung berjalan di Android 5.0 Lollipop, mendukung 3G, Wi-Fi, dan Bluetooth 4.0.

Melihat spesifikasi yang ada itu, diduga bahwa ZenFone 3 akan memiliki label harga yang lebih murah ketimbang ZenFone 2. Kemungkinan, perangkat ini akan disasar untuk tingkatan kelas menengah.

Belum diketahui kapan ia akan diumumkan. Akan tetapi, mengingat perangkat ini sudah hadir di situs TENAA, kemungkinan waktu rilisnya seharusnya dalam waktu dekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.