Kompas.com - 28/05/2015, 13:44 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Selama ini, GoPro dikenal sebagai perusahaan pengembang perangkat kamera aksi (action cam). Namun, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut tampaknya tidak puas bermain di pasar itu saja.

Dalam acara Code Conference di California, AS, Rabu (27/5/2015), CEO GoPro Nick Woodman membeberkan rencana perusahaan tersebut untuk bermain di industri drone atau helikopter mini.

Menurut Woodman, perangkat drone merupakan bisnis yang sangat masuk akal bagi GoPro sehingga mereka akhirnya memutuskan untuk bergabung ke persaingan perangkat tersebut.

Sekadar informasi, GoPro selama ini banyak merilis kamera berjenis camcorder. Karena memiliki bodi yang kokoh dan ringan, perangkat tersebut banyak digunakan untuk merekam video olahraga ekstrem. Tidak jarang juga, perangkat tersebut dipasangkan di perangkat drone.

Nah, melihat peluang di pasar drone itu masih besar, maka tidak aneh bagi GoPro untuk membuat produk itu sendiri. Daripada dipasangkan dengan drone buatan perusahaan lain, mengapa tidak membuat drone sendiri saja, bukan?

"Ini (drone) cukup inti bagi bisnis kami sehingga masuk akal untuk membuatnya sendiri," kata Woodman. Meskipun begitu, Woodman tetap menekankan bahwa produk kamera GoPro tetap bisa digunakan di drone merek lain.

Masih belum banyak detail yang dibeberkan oleh Woodman mengenai produk drone-nya tersebut. Pun demikian, seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (28/5/2015), ia mengungkapkan bahwa drone buatan GoPro sudah akan diluncurkan pada pertengahan tahun pertama di 2016.

Tidak disebutkan juga kisaran harga dari perangkat tersebut. Akan tetapi, Woodman sedikit membocorkan bahwa drone buatan GoPro akan ada di segmen "consumer". Artinya, seharusnya harganya tidak akan jauh berbeda dari drone buatan perusahaan lain, seperti DJI, Parrot, dan 3D Robotics.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.