Kompas.com - 01/06/2015, 09:35 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Selama ini, Microsoft "pelit informasi" perihal waktu rilis Windows 10. Raksasa software tersebut hanya mau membeberkan, sistem operasi terbaru itu bakal dirilis pada musim panas atau pertengahan tahun 2015.

Akan tetapi, entah disengaja atau tidak, situs jual-beli produk komputer Newegg telah menyantumkan waktu rilis dari Windows 10 di situs resminya. Dalam situs tersebut, situs tersebut membeberkan bahwa Windows 10 bakal dirilis pada 31 Agustus 2015 mendatang.  

Jika informasi itu benar, waktu rilis tersebut tampaknya lebih cepat dari apa yang dirumorkan selama ini. Beberapa waktu lalu, tersiar kabar, Microsoft baru akan merilis Windows 10 pada 29 Juli.

Selain informasi tanggal rilis, Newegg juga menampilkan harga dari seri Windows teranyar ini. Ada dua versi Windows 10 yang dijualnya, yakni Windows 10 Home dan Windows 10 Professional.

Dalam situs tersebut, seperti KompasTekno kutip dari The Register, Senin (1/6/2015), Newegg menjual Windows 10 Home dengan harga 109 dollar AS atau sekitar Rp 1,5 juta. Sementara itu, versi Professional dilabeli harga 149 dollar AS atau sekitar Rp 2 juta.

Harga-harga tersebut ditujukan bagi OEM atau pembuat komputer. Jadi, seharusnya harga dari sistem operasi versi retail bisa lebih murah ketimbang harga untuk para OEM.

Para pengguna sistem operasi Windows versi lama pun sebenarnya bisa mendapatkan Windows 10 secara cuma-cuma. Beberapa waktu lalu, Microsoft mengumumkan, sistem operasi terbaru ini bakal bisa diperoleh secara gratis oleh para pemilik komputer berbasis sistem operasi Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1.

Akan tetapi, masa gratis tersebut hanya berlaku selama satu tahun saja. Setelah masa promosi selesai, pengguna diharuskan untuk membayar lisensinya.

Hingga saat ini, Microsoft masih belum mau memberikan konfirmasinya perihal informasi yang dibagikan oleh Newegg tersebut. Waktu rilis dan harga masih bisa berbeda dari yang diutarakan oleh Newegg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.