Tak Perlu Install Ulang Aplikasi Lagi di Android M

Kompas.com - 01/06/2015, 10:14 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Setiap kali pengguna smartphone memasang ulang aplikasi usai melakukan security wipe atau mengganti perangkat, setting aplikasi yang bersangkutan mesti diatur ulang agar sama dengan sebelumnya.

Nah, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Ubergizmo, Minggu (31/5/2015), dengan sistem operasi Android M yang diumumkan Google minggu lalu, kerepotan seperti itu nantinya tak perlu terjadi lagi.

Ini karena Android M memiliki kemampuan untuk melakukan backup data aplikasi ke layanan Google Drive. Pengaturan aplikasi pun secara otomatis akan dikembalikan begitu pengguna melakukan instalasi ulang.

Setiap aplikasi memiliki jatah kuota backup sebesar 25 MB. Fitur backup data berlaku universal dan akan langsung dijalankan untuk semua aplikasi yang terpasang di perangkat, sehingga developer tak perlu menulis ulang software atau menambah fungsi.

Backup data aplikasi akan dilakukan secara reguler setiap 24 jam. Developer bisa mengatur bagian-bagian data aplikasi mana saja yang ingin disimpan dalam Google drive.

Entah mengapa, fitur yang cukup berguna ini justru tak digarisbawahi oleh Google dalam konferensi Googe I/O, Kamis minggu lalu.

Android M sendiri kini masih berupa versi developer preview. Versi final dan sistem operasi mobile terbaru Google itu baru akan dirilis belakangan tahun 2015. Berganti perangkat Android pun bakal menjadi lebih mudah dengan fitur App Data Backup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Ubergizmo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.