Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daum Kakao Beli Path untuk Pertumbuhan di Indonesia

Kompas.com - 01/06/2015, 13:19 WIB
KOMPAS.com - Operator aplikasi pesan seluler Korea Selatan, Daum Kakao Corp mengatakan pembelian aset-aset jaringan sosial dari AS, Path Inc, memberikannya eksistensi kuat di Indonesia dan melonjakkan nilai sahamnya 10 persen di tengah upaya ekspansi global.

Meski Daum Kakao memiliki aplikasi obrolan yang dominan di Korea Selatan, KakaoTalk, para investor selama ini khawatir basis pengguna global KakaoTalk ketinggalan jauh dari para pesaing, seperti WhatsApp milik Facebook Inc dan Line dari Naver Corp.

"Akuisisi ini menandai yang pertama dari banyak pendekatan bisnis global yang akan diambil Daum Kakao dalam beberapa tahun ke depan," ujar perusahaan tersebut dalam pernyataan tertulis, menambahkan bahwa pembelian tersebut juga akan menjelajahi peluang investasi dan kemitraan.

Daum Kakao akan membeli layanan jaringan sosial Path yang telah memiliki 10 juta pengguna aktif, sebagian besar di Indonesia, menjadikannya salah satu dari tiga besar layanan jaringan sosial negara ini. Perusahaan itu juga akan membeli aplikasi Path Talk. Rincian kontrak pembelian tidak diungkapkan.

"Pembelian ini menetapkan sebuah negara basis yang kuat dan dapat meningkatkan momentum pertumbuhan lebih jauh di negara-negara sekitarnya," ujar analis Kyobo Securities, Lee Seong-bin.

Upaya-upaya dari Daum Kakao selama ini untuk tumbuh di pasar-pasar seperti Indonesia, Filipina dan Malaysia telah gagal.

Selain memiliki posisi yang kuat di Indonesia, Path juga tumbuh pesat di Arab Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com