Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main Apple Watch Sambil Nyetir, Pria Ditilang Polantas

Kompas.com - 01/06/2015, 15:36 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Geek.com

KOMPAS.com - Satu setengah tahun setelah seorang wanita ditilang karena mengenakan kacamata pintar Google Glass saat mengemudi, kini giliran pengguna arloji pintar Apple Watch yang disimprit petugas berseragam.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Geek.com, seorang pria Kanada bernama Jeffrey Macesin minggu lalu didenda 120 dollar Kanada atau sekitar Rp 1,2 juta oleh polantas di kota Quebec.

Gara-garanya, Macesin mengoperasikan perangkat audio di mobilnya melalui Apple Watch, selagi mengemudi. Polisi yang kebetulan melihat Macesin rupanya berpikiran bahwa perbuatannya itu mengancam keselamatan. Dia pun ditilang.

“iPhone saya ada di dalam tas sementara kabelnya terhubung ke radio dan (Apple Watch) saya pakai untuk mengendalikan pemutaran lagu dari ponsel,” aku Macesin. “Saya mengganti-ganti lagu, tapi tangan saya tetap berada di kemudi.”

Dalam Peraturan Keselamatan Lalu-lintas Kota Quebec memang ada pasal yang melarang pengoperasian “perangkat genggam dengan fungsi telepon” saat mengemudi.  

Namun, tak jelas apakah definisi “perangkat genggam” dalam hal ini ikut mencakup arloji pintar atau tidak. Wearable device dikenakan di pergelangan tangan. Pengoperasiannya pun mirip dengan jam tangan konvensional.

Macesin sendiri sebenarnya tahu bahwa ada polisi lalu lintas di sekitarnya pada waktu itu, karena menggunakan aplikasi crowdsourcing Waze. Hanya saja, dia sama sekali tak menyangka bakal ditilang gara-gara mengutak-atik Apple Watch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Geek.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com