Rahasia Ponsel Android Xiaomi Bisa Murah

Kompas.com - 01/06/2015, 17:39 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
 
KOMPAS.com — Harga kompetitif yang relatif lebih murah dibandingkan produk sekelas adalah salah satu daya tarik Xiaomi. Pabrikan asal Tiongkok tersebut memang dikenal mampu menelurkan gadget dengan harga bersaing.
 
Apa rahasianya? "Kami punya hubungan erat dengan para pemasok komponen," ucap Wakil Presiden Global Xiaomi Hugo Barra saat berbicara dalam konferensi Code Conference, AS, minggu lalu, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Cnet, Senin (1/6/2015)
 
Maksud Barra, posisi Xiaomi yang telah tumbuh jadi pabrikan besar memungkinkannya mendapat harga miring dari para pemasok komponen. Xiaomi, misalnya, merupakan klien ketiga terbesar untuk produk-produk chip bikinan Qualcomm.
 
Namun, salah satu yang terpenting adalah dengan tidak langsung meraup profit terlalu cepat. Barra mengatakan bahwa smartphone Xiaomi tidak menghasilkan untung bagi perusahaan pada masa-masa awal kehadirannya di pasaran.
 
Lama-kelamaan, produk yang sudah berada di pasar untuk beberapa waktu akan menjadi lebih murah untuk diproduksi. Margin pun meningkat.
 
Di satu titik, saat margin profit sudah dipandang terlalu tinggi, Xiaomi biasanya akan memangkas harga jual produk yang bersangkutan menjelang akhir siklus hidupnya di pasaran. "Kami lakukan penurunan harga ini karena ingin tetap agresif," kata Barra.
 
Xiaomi sendiri tumbuh besar dengan menjual produk di level harga hanya sedikit lebih tinggi dibanding biaya produksi. Profit rendah diperoleh dengan menjual aneka jenis produk. Strategi ini terbukti mampu menumbuhkan basis komunitas fans Xiaomi yang loyal terhadap brand.
 
Tak cukup sampai di situ, Xiaomi juga memotong ongkos penyaluran produk dengan melakukan pemasaran online secara eksklusif selama periode tertentu. Margin peritel dan distributor pun bisa dihilangkan dari komponen biaya.
 
Flash sale online ini biasanya dilakukan Xiaomi pada saat meluncurkan produk baru di sebuah wilayah pasar, termasuk Indonesia. Terakhir, smartphone seri Mi 4i besutan perusahaan itu ludes dibeli peminat lewat jalur online dalam waktu tak sampai 11 menit.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.