Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Ponsel Android Xiaomi Bisa Murah

Kompas.com - 01/06/2015, 17:39 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET
 
KOMPAS.com — Harga kompetitif yang relatif lebih murah dibandingkan produk sekelas adalah salah satu daya tarik Xiaomi. Pabrikan asal Tiongkok tersebut memang dikenal mampu menelurkan gadget dengan harga bersaing.
 
Apa rahasianya? "Kami punya hubungan erat dengan para pemasok komponen," ucap Wakil Presiden Global Xiaomi Hugo Barra saat berbicara dalam konferensi Code Conference, AS, minggu lalu, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Cnet, Senin (1/6/2015)
 
Maksud Barra, posisi Xiaomi yang telah tumbuh jadi pabrikan besar memungkinkannya mendapat harga miring dari para pemasok komponen. Xiaomi, misalnya, merupakan klien ketiga terbesar untuk produk-produk chip bikinan Qualcomm.
 
Namun, salah satu yang terpenting adalah dengan tidak langsung meraup profit terlalu cepat. Barra mengatakan bahwa smartphone Xiaomi tidak menghasilkan untung bagi perusahaan pada masa-masa awal kehadirannya di pasaran.
 
Lama-kelamaan, produk yang sudah berada di pasar untuk beberapa waktu akan menjadi lebih murah untuk diproduksi. Margin pun meningkat.
 
Di satu titik, saat margin profit sudah dipandang terlalu tinggi, Xiaomi biasanya akan memangkas harga jual produk yang bersangkutan menjelang akhir siklus hidupnya di pasaran. "Kami lakukan penurunan harga ini karena ingin tetap agresif," kata Barra.
 
Xiaomi sendiri tumbuh besar dengan menjual produk di level harga hanya sedikit lebih tinggi dibanding biaya produksi. Profit rendah diperoleh dengan menjual aneka jenis produk. Strategi ini terbukti mampu menumbuhkan basis komunitas fans Xiaomi yang loyal terhadap brand.
 
Tak cukup sampai di situ, Xiaomi juga memotong ongkos penyaluran produk dengan melakukan pemasaran online secara eksklusif selama periode tertentu. Margin peritel dan distributor pun bisa dihilangkan dari komponen biaya.
 
Flash sale online ini biasanya dilakukan Xiaomi pada saat meluncurkan produk baru di sebuah wilayah pasar, termasuk Indonesia. Terakhir, smartphone seri Mi 4i besutan perusahaan itu ludes dibeli peminat lewat jalur online dalam waktu tak sampai 11 menit.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com