Kompas.com - 03/06/2015, 07:29 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Berbeda dari para pendahulunya, Windows 10 tersedia secara gratis untuk para pemilik perangkat berbasis Windows 7 dan Windows 8 (dengan OS original, bukan bajakan).

Para pengguna Windows 7 dan Windows 8 ini pun bisa “memesan” Windows 10 sehingga akan otomatis diunduh oleh perangkat pada saat sudah tersedia pada 29 Juli nanti.

Bagaimana caranya? Ternyata mudah saja. Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Pocket Lint (1/6/2015), pengguna cukup melakukan registrasi dengan memilih opsi “reserve your free upgrade” pada pop up yang muncul di taskbar.

Pop up ini akan muncul secara otomatis pada sistem berbasis Windows 7 dan Windows 8.1 yang mengaktifkan fitur Windows Update.

Apabila tidak muncul, pop-up yang bersangkutan bisa “dipaksa” keluar dengan meng-klik icon berlogo Windows di area  pojok kanan bawah layar. Alternatifnya, pengguna bisa meng-klik icon “Windows Update” yang terletak di dalam control panel.

Pocket Lint Pop-up berisi notifikasi untuk melakukan reservasi upgrade Windows 10, di bagian pojok kanan layar tampilan desktop Windows

Upgrade ke Windows 10 secara cuma-cuma juga bisa dilakukan secara manual oleh para pemilik perangkat Windows 7 dan Windows 8.1, dengan mengunduh file instalasi saat sudah tersedia nanti.

Selain sifatnya yang berupa upgrade gratis, Windows 10 bakal membawa sejumlah fitur baru bagi para pengguna sistem operasi tersebut, antara lain peramban Microsoft Edge dan teknologi personal assistant Cortana.

Sistem operasi ini juga menandai kembalinya menu Start tradisional setelah sebelumnya sempat dihilangkan pada Windows 8.

Peluncuran tanggal 29 Juli nanti berlaku untuk Windows 10 versi desktop dan tablet. Microsoft belum mengungkapkan tanggal kehadiran OS Windows 10 Mobile untuk smartphone.

Informasi lebih lanjut tentang Windows 10 berikut cara melakukan reservasi bisa dilihat di tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.