Erajaya Bangun Gudang Xiaomi di Cengkareng

Kompas.com - 03/06/2015, 14:03 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 15.000 unit ponsel Xiaomi Mi4i ludes pada flash sale keduanya, Selasa (2/6/2015) kemarin. Pekan sebelumnya, Mi4i terjual 8.000 unit dalam waktu 10 menit 42 detik.

Penjualan online tersebut merupakan kerja sama antara Xiaomi dan Erajaya Group. Untuk itu, Erajaya telah membangun "e-fulfillment center" di komplek Warehouse Erajaya, kawasan Palem, Cengkareng.

Xiaomi sebagai produsen dan Erajaya sebagai importir sekaligus pengemas yang sistemnya terintegrasi langsung dengan situs Xiaomi.

Jadi, saat pelanggan memesan unit Mi4i, Erajaya langsung dapat mengakses pemesanan tersebut dan memprosesnya dengan waktu yang lebih efisien. Setiap harinya, e-fulfillment center Erajaya diklaim mampu memproses ribuan pemesanan.

"Dari pengemasan hingga pengiriman barang itu tanggung jawab kita," kata CEO Erajaya Hasan Aula, dalam acara kunjungan media ke gedung E-fulfillment Erajaya, Rabu (3/6/2015).

Menurut Hasan, langkah Erajaya mengekspansi perannya sebagai e-fulfillment logistik bagi vendor ponsel merupakan inovasi atas tuntutan zaman. Pasalnya, saat ini tren penjualan ponsel mengarah ke online. Walau, Hasan menyebut penjualan offline masih tetap diutamakan.

Alasan selanjutnya Erajaya bekerja sama dengan Xiaomi adalah peran Xiaomi sebagai vendor yang paling mumpuni dengan sistem penjualan online. "Xiaomi paling banyak melakukan penjualan online. Dua minggu pertama ini semua pemesanan Mi4i dari mi.com itu semua dilakukan Erajaya," kata Hasan.

Untuk sementara, infrastruktur e-fulfillment Erajaya hanya melayani penjualan perangkat Mi4i dan beberapa aksesorinya. Di gedung seluas lapangan futsal tersebut, terbagi beberapa divisi yang diisi sekitar 30 karyawan.

Untuk pengiriman barang, Erajaya bekerja sama dengan tiga perusahaan ekspedisi. Yakni JNE, RPX, dan First Logistic.

Ke depan, Hasan tak menutup kemungkinan kerjasama e-fulfillment logistik dengan vendor lain. "Kesempatan itu terbuka," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.