Resmi, Apple Music Juga Sambangi Android dan Windows

Kompas.com - 09/06/2015, 09:09 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah lama menjadi rumor, Apple akhirnya memperkenalkan layanan streaming musiknya, Apple Music, di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC), Senin (8/6/2015). Uniknya, aplikasi tersebut nantinya bakal tersedia juga di platform pesaing terbesarnya, Android.

Apple Music dapat dikatakan sebagai layanan streaming musik yang lengkap bagi pengguna. Ia, seperti KompasTekno rangkum dari Engadget, Selasa (9/6/2015), dapat digunakan untuk mendengarkan musik secara streaming, radio, mendengarkan album yang dibeli via iTunes, mendengarkan playlist yang dikurasi para artis, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Apple Music juga menawarkan radio live yang dipandu langsung oleh manusia, bukan sistem. Stasiun radio live pertama yang bakal berjalan dinamakan Beats 1. Siarannya sendiri akan berlangsung di New York City, London, dan Los Angeles.  

Pengguna juga akan menemukan playlist musik yang dikurasi langsung oleh penyanyi-penyanyi ternama atau produser musik kondang, seperti Dr Dre, will.i.am, Pharrell, dan Drake.

Nantinya, tidak seperti beberapa aplikasi streaming musik lain, pengguna dapat berpindah ke track musik lain sebanyak yang mereka suka dalam sebuah playlist.

Sekadar pembanding, memang ada beberapa aplikasi streaming musik yang tidak mengizinkan pengguna untuk berpindah track musik secara unlimited. Biasanya, pengguna bakal dibatasi dengan jumlah tertentu untuk memanfaatkan fitur berpindah track tersebut.

Sebagai contoh, apabila sudah menekan tombol "next" sebanyak enam kali, pengguna sudah tidak bisa memanfaatkan tombol itu lagi dalam beberapa waktu tertentu.

Apple juga tidak melupakan fitur sosial dalam layanan Music ini. Terdapat sebuah fitur bernama Connect yang mengizinkan artis untuk mengunggah musik, foto, dan berbagi pesan dengan para penggemarnya.

Apple Music sendiri memiliki sistem subscription. Artinya, pengguna harus membayar sejumlah uang tertentu untuk menikmati musik yang ada di layanan tersebut. Menariknya, pengguna nantinya bisa menikmati semua layanan dan lagu yang ada di aplikasi tersebut.

Layanan ini dibanderol dengan harga 10 dollar AS atau sekitar Rp 130.000 per bulannya. Pengguna juga bisa membeli paket 15 dollar AS atau sekitar Rp 200.000 untuk anggota keluarga hingga enam individu.

Apple Music sendiri bakal diluncurkan pada 30 Juni mendatang untuk perangkat iPhone, iPad, iPod Touch, Mac, dan produk berbasis Windows. Di masa peluncurannya itu, pengguna dapat menikmati masa free-trial selama 3 bulan.

Sementara itu, Android baru akan mendapatkan aplikasi ini beberapa bulan sesudahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.