Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis iOS 9, Apa Fitur Barunya?

Kompas.com - 09/06/2015, 09:34 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber ENGADGET
KOMPAS.com - Apple mengumumkan pembaruan sistem operasi mobile miliknya, iOS, di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC), Senin (8/6/2015). Seperti yang telah diduga, update terbaru itu diberi nama iOS 9.

Tidak ada yang begitu berubah dari sisi desain di iOS terbaru ini. Namun, Apple menambah begitu banyak fitur baru di iOS 9. Salah satunya adalah upgrade besar-besaran untuk fitur Siri. Kini, Siri memiliki sebuah fitur yang dinamakan Proactive.

"Siri secara diam-diam telah menjadi popular. Lebih dari 1 miliar permintaan (pencarian) per minggunya. Ada sekitar 40 persen pengurangan tingkat kesalahan menjadi 5 persen," kata Craig Federighi, Senior VP of Software Engineering Apple, saat mengungkapkan alasan di balik update Siri itu.

Dengan fitur barunya ini, seperti KompasTekno kutip dari Engadget, Selasa (9/6/2015), Siri dikatakan semakin mirip dengan aplikasi Google Now, asisten virtual buatan Google.

Sebagai contoh, Siri kini dapat memprediksi berapa lama penggunanya dapat pergi ke sebuah daerah dengan mengamati lalu lintas yang ada di jalanan.

Satu fitur canggih lainnya, Siri dapat memindai e-mail yang ada dalam perangkat sehingga mampu memberikan prediksi ketika ada telepon masuk dari orang tidak dikenal.

Selain Siri, aplikasi Notes yang ada di iOS 9 juga mendapatkan update yang cukup banyak. Jika selama ini, aplikasi tersebut hanya dapat digunakan untuk mencatat, kini ia bisa digunakan untuk membuat gambar sketsa dengan menggunakan jari pengguna.

Nantinya, pengguna juga bisa langsung memasukkan gambar dan membuat checklist melalui aplikasi Notes tersebut.

Apple juga tidak melupakan aplikasi Maps. Selama ini, Apple memang banyak dicibir karena layanan peta miliknya ini. Tampaknya, Apple ingin mengubah anggapan tersebut dalam update iOS 9.

Apple Maps baru dikatakan dapat lebih detail dalam memberikan arah ke suatu lokasi tertentu. Apple juga menambahkan fitur penunjuk transportasi lokal di beberapa kota tertentu, termasuk New York, San Francisco, Beijing, London, dan Berlin.

Ada beberapa fitur di iOS 9 yang tampaknya lebih dioptimalkan untuk tablet iPad. Salah satunya adalah dilengkapinya keyboard virtual dengan shortcut untuk fungsi Copy, Cut, dan Paste.

Ada juga fitur multitasking side-by-side. Pengguna iPad bisa menjalankan dan melihat dua aplikasi yang berjalan secara bersamaan dalam satu layar.

Sebagai contoh, pengguna bisa menonton video di layar kiri, sambil berselancar di dunia maya di layar sebelah kanan.

Seperti biasanya, Apple baru akan merilis iOS 9 untuk developer terlebih dahulu untuk uji coba pada bulan Juli. Versi final akan dirilis beberapa bulan setelahnya untuk perangkat iPad 2 atau lebih baru, dan iPhone 4s ke atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com