Kompas.com - 09/06/2015, 11:56 WIB
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Apple sesumbar terkait peningkatan ketahanan baterai yang ditawarkan melalui iOS 9. Katanya, dengan penggunaan standar, baterai iPhone dan iPad bisa bertahan sejam lebih lama dari biasanya.

Bahkan, jika pengguna mengaktifkan opsi penghematan baterai, daya bisa bertahan lebih lama hingga tiga jam. Mode hemat tersebut, klaim Apple, tak akan mengubah tampilan ponsel secara signifikan.

''Pengguna bahkan tak akan sadar bahwa mode hemat baterai itu aktif," kata VP Software Engineering Apple Craig Federighi dalam acara WWDC 2015, sebagaimana dilaporkan Slashgear dan dikutip KompasTekno, Selasa (9/6/2015).

Kestabilan performa dan kemanan memang dua hal yang dijanjikan Apple pada iOS teranyar. Salah satunya dengan meningkatkan ketahanan baterai.

Pasalnya, selama ini baterai merupakan isu yang tak pernah lepas dari ponsel cerdas. Pengguna smartphone kerap mengeluhkan performa baterainya. Apalagi saat ini beberapa vendor beralih pada pemakaian baterai yang menyatu dengan tubuh ponsel (unibody).

Baterai tipis yang tertempel tak akan mampu mengakomodir segala kecanggihan fitur ponsel. Alhasil, baterai terasa boros. Salah satu solusi masalah ini adalah memperbesar ukuran baterai. Konsekuensinya, desain ponsel jadi tebal.

Apple mencari cara lain dengan optimalisasi software pada iOS 9. Namun, klaim Apple ihwal ketahanan baterainya belum bisa dibuktikan. Sebab, iOS 9 rencananya baru bisa dijajal pada kuartal ketiga 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SlashGear



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.