Kompas.com - 09/06/2015, 15:29 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple resmi merilis iOS 9 di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2015 yang berlangsung di San Francisco, Senin (8/6/2015) waktu setempat.

Meski hadir dengan berbagai fitur baru yang cukup memberatkan sistem, iOS 9 nantinya masih bisa berjalan di perangkat lawas Apple.

Seperti KompasTekno kutip dari The Verge, Selasa (9/6/2015), iOS 9 nantinya bisa dipasangkan mulai dari iPhone 4s dan iPad 2. Keduanya diperkenalkan oleh Apple pada tahun 2011 silam. Tentunya, perangkat lebih baru dari itu juga bisa menggunakan iOS 9 itu.

Sebelumnya, memang tersebar kabar yang menyatakan bahwa Apple bakal tetap mendukung perangkat lawas. Hal tersebut dapat diraih dengan cara mengoptimalkan fitur yang ada dengan spesifikasi hardware dari tiap perangkat.

Tidak tampilan yang benar-benar baru dari iOS 8, iOS 9 hadir dengan berbagai fitur baru.

Salah satu yang paling menarik perhatian adalah peningkatan kemampuan dari asisten virtual Siri. Fitur baru yang dinamakan Proactive membuat Siri semakin mirip dengan Google Now, produk serupa buatan Google.

Siri kini dapat memprediksi waktu dan jarak lokasi tempat yang ingin dituju pengguna berdasarkan informasi lalu lintas yang ada.

Satu fitur canggih lainnya, Siri dapat memindai e-mail yang ada dalam perangkat sehingga mampu memberikan prediksi ketika ada telepon masuk dari orang tidak dikenal.

iOS 9 juga hadir dengan berbagai peningkatan fitur untuk aplikasi Notes, Apple Maps, Apple Pay, dan kemampuan multitasking side-by-side di perangkat iPad.

Seperti biasanya, Apple baru akan merilis iOS 9 untuk developer terlebih dahulu untuk uji coba pada bulan Juli. Versi final akan dirilis beberapa bulan setelahnya untuk perangkat iPad 2 atau lebih baru, dan iPhone 4s ke atas.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.