Kompas.com - 10/06/2015, 12:59 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Jumlah digit untuk sandi keamanan pada iPhone dan iPad ditambah. Dari yang sebelumnya empat digit menjadi enam digit.

Dilansir KompasTekno, Selasa (9/6/2015) dari The Verge, langkah ini merupakan pemutakhiran bawaan iOS 9 untuk meningkatkan standar keamanan bagi pengguna perangkat Apple.

Walau terkesan sederhana, mekanisme sandi yang baru dipercaya efektif menghadang serangan peretas. Pasalnya, pada sandi 4 digit, ada 10.000 kemungkinan kombinasi. Sementara itu, sandi enam digit menyediakan 1 juta kemungkinan kombinasi.

Hanya dengan menambahkan dua digit, kemungkinan kombinasinya bisa berlipat ganda. Peretas pun akan semakin bingung memprediksi sandi yang tepat untuk menjahili data dalam perangkat pengguna.

''Dengan 1 juta kemungkinan, perangkat pengguna akan sulit diretas,'' kata perwakilan Apple.

Diketahui, penebakan sandi dengan empat digit normalnya memakan waktu 12 hingga 117 jam. Untuk sandi enam digit, tentu saja waktu yang dibutuhkan bakal lebih lama.

Walau begitu, standar enam digit belum bisa disebut sebagai jaminan keamanan perangkat. Sebab, beberapa modus peretasan menggunakan penebakan awal untuk membuka sandi pengamanan perangkat. Di antaranya ada yang beruntung bisa menebak sandi dengan benar.

Tapi, setidaknya standar sandi enam digit bisa menjadi penghadang tambahan untuk mengamankan data pengguna. Di antara perangkat-perangkat Apple yang bakal kebagian adalah iPhone 5S, 6, 6 Plus, iPad Air 2 dan iPad Mini 3. Tentu, setelah iOS 9 resmi dirilis akhir tahun nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.