Kompas.com - 11/06/2015, 09:07 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Di saat resolusi 4K belum begitu populer, YouTube sudah menghadirkan video dengan resolusi yang jauh lebih besar dari itu. Kini, layanan video streaming milik Google itu sudah mendukung resolusi 8K.

Video pertama yang sudah mendukung resolusi super tinggi tersebut sudah mulai muncul di YouTube. Video tersebut diberi judul "Ghost Towns" dan bisa dinikmati dengan resolusi 4320p (7.680 x 4.320 piksel).

Akan tetapi, untuk saat ini, belum semua komputer bisa memutar video tersebut. Pasalnya, dibutuhkan spesifikasi yang tinggi untuk menjalankannya.

Saat KompasTekno mencoba memutar video tersebut, gambar yang dihasilkan patah-patah dan nyaris tidak bisa ditonton sama sekali. Bahkan, laptop yang digunakan untuk memutar video tersebut sempat hang selama beberapa menit.

Lagipula, ia tidak bisa tampil optimal karena dibutuhkan layar yang mendukung 8K agar bisa menikmati video tersebut secara optimal.

"Ghost Towns" sendiri diambil menggunakan kamera RED Epic Dragon 6K dalam orientasi portrait, kemudian "dijahit" menggunakan Adoba After Effects agar bisa mencapai resolusi 8K.

Menurut Google, seperti KompasTekno rangkum dari 9to5google, Kamis (11/6/2015), video 8K sendiri sebenarnya sudah didukung oleh YouTube sejak tahun 2010 lalu.

Namun, label video 8K (4320p) baru saja ditambahkan ke YouTube lima tahun sesudahnya, yakni pada tahun 2015 ini. Google tidak menyebutkan kapan pastinya label tersebut ditambahkan. Tetapi berdasarkan pengamatan situs 9to5Google, raksasa internet itu tampaknya baru memasukkan fitur tersebut beberapa hari yang lalu.

Berikut video "Ghost Towns". Untuk menikmati video dalam kualitas 8K, jangan lupa untuk memindahkan setting gambar ke 4320p.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber 9to5Google

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.