Apple Maps Bakal Bergaya ala Google Maps?

Kompas.com - 11/06/2015, 11:25 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple terus membenahi layanan peta digital miliknya dengan bersiap menambahkan beberapa fitur baru. Salah satunya adalah dengan menghadirkan gambar dengan gaya Street View ala Google Maps.

Dalam beberapa minggu ke belakang, mobil van milik Apple memang terlihat sedang mengelilingi beberapa kota di AS.

Di atas mobil tersebut, ada beberapa alat yang diduga kuat bakal digunakan oleh Apple mengumpulkan data untuk Apple Maps.

Awalnya, Apple masih bungkam ihwal fungsi dari mobil tersebut. Namun, melalui situs resminya, Apple seakan memberikan sedikit bocoran perihal apa yang sedang dilakukan oleh mobil-mobit itu.

Berdasarkan situs tersebut, dugaan bahwa mobil tersebut digunakan Apple untuk mengumpulkan data bagi Apple Maps terbukti benar.

"Apple sedang mengendarai kendaraan di seluruh dunia, mengoleksi data yang akan digunakan untuk meningkatkan Apple Maps. Beberapa dari data ini akan dipublikasikan di pembaruan Apple Maps di masa depan," tulis Apple.

Selain untuk meningkatkan dan memperlengkap data Apple Maps, mobil tersebut juga ternyata difungsikan untuk mengambil gambar dengan gaya Street View.

"Kami berkomitmen untuk melindungi privasi Anda sambil mengumpulkan data. Sebagai contoh, kami akan blur wajah dan nomor polisi kendaraan saat dipublikasi nanti," lanjut Apple.

Memang, berdasarkan keterangan di situs tersebut, Apple tidak secara terang-terangan menyebutkan bakal memasukkan fitur Street View. Namun, pernyataan mengenai privasi itu memperlihatkan bahwa Apple sedang mengambil foto jalanan dan akan mempublikasikannya, sama seperti Street View di Google Maps.

Sekadar catatan, kebijakan nge-blur wajah dan nomor polisi kendaraan juga hadir di Google Maps.

Selain itu, seperti KompasTekno rangkum dari The Verge, Kamis (11/6/2015), Apple juga membagikan jadwal perjalanan mobil tersebut. Perjalanan akan dimulai dari AS, Inggris, hingga ke Irlandia. Belum ada kabar kapan mobil ini akan mampir di Indonesia.

Kapan fitur Street View itu bakal hadir pun masih belum dibeberkan oleh Apple.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.