Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Maps Bakal Bergaya ala Google Maps?

Kompas.com - 11/06/2015, 11:25 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Apple terus membenahi layanan peta digital miliknya dengan bersiap menambahkan beberapa fitur baru. Salah satunya adalah dengan menghadirkan gambar dengan gaya Street View ala Google Maps.

Dalam beberapa minggu ke belakang, mobil van milik Apple memang terlihat sedang mengelilingi beberapa kota di AS.

Di atas mobil tersebut, ada beberapa alat yang diduga kuat bakal digunakan oleh Apple mengumpulkan data untuk Apple Maps.

Awalnya, Apple masih bungkam ihwal fungsi dari mobil tersebut. Namun, melalui situs resminya, Apple seakan memberikan sedikit bocoran perihal apa yang sedang dilakukan oleh mobil-mobit itu.

Berdasarkan situs tersebut, dugaan bahwa mobil tersebut digunakan Apple untuk mengumpulkan data bagi Apple Maps terbukti benar.

"Apple sedang mengendarai kendaraan di seluruh dunia, mengoleksi data yang akan digunakan untuk meningkatkan Apple Maps. Beberapa dari data ini akan dipublikasikan di pembaruan Apple Maps di masa depan," tulis Apple.

Selain untuk meningkatkan dan memperlengkap data Apple Maps, mobil tersebut juga ternyata difungsikan untuk mengambil gambar dengan gaya Street View.

"Kami berkomitmen untuk melindungi privasi Anda sambil mengumpulkan data. Sebagai contoh, kami akan blur wajah dan nomor polisi kendaraan saat dipublikasi nanti," lanjut Apple.

Memang, berdasarkan keterangan di situs tersebut, Apple tidak secara terang-terangan menyebutkan bakal memasukkan fitur Street View. Namun, pernyataan mengenai privasi itu memperlihatkan bahwa Apple sedang mengambil foto jalanan dan akan mempublikasikannya, sama seperti Street View di Google Maps.

Sekadar catatan, kebijakan nge-blur wajah dan nomor polisi kendaraan juga hadir di Google Maps.

Selain itu, seperti KompasTekno rangkum dari The Verge, Kamis (11/6/2015), Apple juga membagikan jadwal perjalanan mobil tersebut. Perjalanan akan dimulai dari AS, Inggris, hingga ke Irlandia. Belum ada kabar kapan mobil ini akan mampir di Indonesia.

Kapan fitur Street View itu bakal hadir pun masih belum dibeberkan oleh Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com