Kompas.com - 12/06/2015, 08:42 WIB
Kantor Pusat BlackBerry di Kanada todayonline.comKantor Pusat BlackBerry di Kanada
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Sebuah kabar mengejutkan datang dari BlackBerry. Menurut informasi yang didapatkan media Reuters, perusahaan asal Kanada tersebut dirumorkan bakal menggunakan sistem operasi mobile milik Google, Android, di seri smartphone berikutnya.

Jika benar, langkah tersebut dinilai masuk akal mengingat smartphone BlackBerry dengan sistem operasi BlackBerry 10 OS masih belum begitu sukses di pasar.

Dirilis pada tahun 2013 lalu, BlackBerry 10 OS masih belum bisa mendobrak pasar smartphone seperti di masa kejayaannya dulu. BlackBerry sendiri hanya memilki pangsa pasar di bawah satu persen di pasar smartphone.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh empat orang sumber, seperti KompasTekno rangkum dari Reuters, Jumat (12/6/2015), peralihan BlackBerry dari sistem operasi buatan sendiri ke Android merupakan strategi untuk beralih fokus dari software dan perangkat.

Belum jelas diketahui apakah BlackBerry masih akan mengembangkan ponsel berbasis BlackBerry 10 OS atau tidak, jika perusahaan tersebut jadi merilis perangkat berbasis Android.

Jika kabar tersebut benar, kapan BlackBerry akan merilis perangkat berbasis Android? Menurut dua orang sumber yang juga tidak mau disebutkan namanya, perangkat tersebut seharusnya bakal hadir menjelang akhir tahun 2015 ini.

BlackBerry kemungkinan akan menggunakan Android di ponsel model slider yang pernah dipamerkan di ajang Mobile World Congress 2015 yang lalu. Sayangnya, kala itu, informasi yang disajikan untuk perangkat misterius ini memang masih sangat sedikit.

Dengan membuat perangkat Android yang menggunakan layar sentuh berukuran besar dan keyboard fisik, BlackBerry berharap dapat menarik hati pengguna yang ingin memiliki perangkat dengan keyboard fisik dengan penawaran jutaan aplikasi yang dimiliki Android.

Baik pihak BlackBerry maupun Google masih bungkam ihwal rumor Android ini.

"Kami tidak berkomentar terhadap rumor dan spekulasi, tetapi kami akan tetap berkomitmen kepada sistem operasi BlackBerry 10, menghadirkan keuntungan keamanan dan produktivitas yang tidak tertandingi," tulis juru bicara BlackBerry.

Tanda-tanda BlackBerry bakal menggunakan Android sebenarnya sudah terlihat dalam beberapa tahun belakangan. BlackBerry, melalui BlackBerry 10 OS, mengizinkan penggunanya untuk menginstalasi aplikasi berbasis Android.

Aplikasi BlackBerry Messenger juga sudah dilepas untuk Android dan iOS. BlackBerry pun telah mengintegrasikan sistem keamanan andalan yang dimilikinya ke Knox pada perangkat berbasis Android milik Samsung.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.