Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wujud Headset VR Oculus Rift yang Dijual Bebas

Kompas.com - 12/06/2015, 13:22 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat perangkat virtual reality (VR) Oculus akhirnya memamerkan wujud headset Rift yang akan dijual bebas. Bentuknya berupa kacamata berukuran jumbo yang memiliki lampu LED di bagian depannya.

Rift dibungkus dengan bahan berwarna hitam, sedangkan di baliknya terdapat dua buah layar OLED untuk menampilkan dunia virtual. Di kanan dan kirinya masing-masing tersemat headphone yang bisa dilepas.

Oculus merancang Rift agar bisa dipakai oleh pengguna yang berkacamata. Dengan demikian, Anda tidak perlu melepas kacamata minus yang biasa dipakai ketika akan menyelami dunia virtual dari headset ini.

Jarak antara mata dengan lensa Rift juga bisa diatur dengan mudah melalui sebuah slider, sehingga siapapun bisa menyesuaikan sendiri ukurannya agar pas di wajah.

3News Penampilan Oculus Rift saat dipakai untuk bermain game

Pengguna yang membeli headset virtual reality (VR) tersebut akan mendapatkan paket berupa controller Xbox One dan sebuah kamera yang berguna melacak gerakan kepala penggunanya melalui lampu LED pada Rift.

Oculus bekerja sama dengan Microsoft agar headset buatannya dapat dipakai di Windows 10. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakannya untuk memainkan game Xbox One.

"Kami ingin merevolusi dunia game dan mengubah cara kita menikmati hiburan. Dan akhirnya kami siap mewujudkannya dalam dunia VR," ujar CEO Oculus Brendan Iribe, seperti dilansir KompasTekno dari Techcrunch, Jumat (12/6/2015).

Headset Oculus Rift ini dapat dicoba di ajang E3 pekan mendatang. Di sana, mereka juga berniat memajang sebuah prototype Oculus Touch controller yang merupakan pengendali game berteknologi motion-tracking.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.