Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy Note 5 Pakai USB Type-C

Kompas.com - 13/06/2015, 10:03 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber SamMobile
KOMPAS.com - Galaxy Note 5 dikabarkan baru akan diumumkan pada September mendatang di ajang IFA 2015. Namun, rumor mengenai perangkat tersebut sudah mulai beredar di dunia maya.

Sebuah laporan terbaru menyebutkan, seperti KompasTekno rangkum dari SamMobile, Jumat (12/6/2015), Galaxy Note 5 bakal dilengkapi port USB Type-C. Jika kabar ini benar, perangkat tersebut akan menjadi perangkat ponsel Samsung pertama yang dipersenjatai port tipe tersebut.

USB 3.1 Type-C merupakan standar baru bagi port perpindahan data yang digunakan dalam industri komputer. Port ini diklaim bisa memindahkan data dengan kecepatan hingga 10 Gbps.

Kabel dari Type C juga mampu mentransfer daya hingga 20 Volt dan 5 ampere ketimbang 5 Volt dan 1,8 ampere dari USB tipe sebelumnya.

Dengan kecepatan seperti itu, perangkat yang dilengkapi USB itu seharusnya bisa mentransfer data dan mengisi baterai lebih cepat dari sebelumnya.

Kemampuan lain USB tipe baru itu adalah dapat mengalirkan daya dalam dua arah. Efeknya, katakanlah ketika pengguna memasangkan sebuah terminal USB yang mendukung fitur tersebut, maka terminal USB itu juga bisa digunakan sebagai port pengisian daya.

Belum ada informasi perihal bentuk dan spesifikasi hardware yang akan diusung oleh Galaxy Note 5. Gosip yang beredar belakangan hanya menyebutkan, perangkat tersebut akan dipersenatai layar Super Amoled yang mendukung resolusi 2K atau 4K, S Pen, prosesor Exynos 7422 octa-core, dan baterai 4.100 mAh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com