Kompas.com - 13/06/2015, 10:03 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Galaxy Note 5 dikabarkan baru akan diumumkan pada September mendatang di ajang IFA 2015. Namun, rumor mengenai perangkat tersebut sudah mulai beredar di dunia maya.

Sebuah laporan terbaru menyebutkan, seperti KompasTekno rangkum dari SamMobile, Jumat (12/6/2015), Galaxy Note 5 bakal dilengkapi port USB Type-C. Jika kabar ini benar, perangkat tersebut akan menjadi perangkat ponsel Samsung pertama yang dipersenjatai port tipe tersebut.

USB 3.1 Type-C merupakan standar baru bagi port perpindahan data yang digunakan dalam industri komputer. Port ini diklaim bisa memindahkan data dengan kecepatan hingga 10 Gbps.

Kabel dari Type C juga mampu mentransfer daya hingga 20 Volt dan 5 ampere ketimbang 5 Volt dan 1,8 ampere dari USB tipe sebelumnya.

Dengan kecepatan seperti itu, perangkat yang dilengkapi USB itu seharusnya bisa mentransfer data dan mengisi baterai lebih cepat dari sebelumnya.

Kemampuan lain USB tipe baru itu adalah dapat mengalirkan daya dalam dua arah. Efeknya, katakanlah ketika pengguna memasangkan sebuah terminal USB yang mendukung fitur tersebut, maka terminal USB itu juga bisa digunakan sebagai port pengisian daya.

Belum ada informasi perihal bentuk dan spesifikasi hardware yang akan diusung oleh Galaxy Note 5. Gosip yang beredar belakangan hanya menyebutkan, perangkat tersebut akan dipersenatai layar Super Amoled yang mendukung resolusi 2K atau 4K, S Pen, prosesor Exynos 7422 octa-core, dan baterai 4.100 mAh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SamMobile


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.