Kompas.com - 13/06/2015, 14:05 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Tak suka direcoki aneka macam iklan pop-up atau gangguan lainnya saat berselancar di internet dengan iPhone atau iPad? Saat  iOS 9 sudah datang nanti, masalah itu boleh jadi hanya akan jadi bagian dari masa lalu.

Ini karena versi peramban Safari pada sistem operasi mobile terbaru Apple tersebut bakal dibekali dengan ekstensi content blocking seperti pada OS desktop Apple.

Dengan kata lain, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Engadget, Jumat (12/6/2015), Safari di iOS 9 bisa memblokir iklan secara otomatis.

Yang perlu dilakukan hanyalah memasang aplikasi dengan ekstensi Safari yang tepat untuk melenyapkan cookie, gambar, script, ataupun jenis konten lain yang tidak dikehendaki.

Fitur blokir iklan seperti ini sebenarnya bukan barang baru karena telah lebih dulu tersedia di Android dan komputer desktop.

Belum jelas bagaimana Apple akan menerapkan kebijakan pemblokiran iklan di iOS 9. Ada kemungkinan perusahaan-perusahaan pemasar iklan (termasuk Google) bakal terusik dengan hal tersebut.

Apalagi, Apple memiliki posisi dan pengaruh kuat di dunia gadget mobile sehingga bisa mempengaruhi pihak-pihak lain untuk menempuh langkah serupa terkait pemblokiran iklan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.