Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Browser iOS 9 Otomatis Blokir Iklan

Kompas.com - 13/06/2015, 14:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Tak suka direcoki aneka macam iklan pop-up atau gangguan lainnya saat berselancar di internet dengan iPhone atau iPad? Saat  iOS 9 sudah datang nanti, masalah itu boleh jadi hanya akan jadi bagian dari masa lalu.

Ini karena versi peramban Safari pada sistem operasi mobile terbaru Apple tersebut bakal dibekali dengan ekstensi content blocking seperti pada OS desktop Apple.

Dengan kata lain, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Engadget, Jumat (12/6/2015), Safari di iOS 9 bisa memblokir iklan secara otomatis.

Yang perlu dilakukan hanyalah memasang aplikasi dengan ekstensi Safari yang tepat untuk melenyapkan cookie, gambar, script, ataupun jenis konten lain yang tidak dikehendaki.

Fitur blokir iklan seperti ini sebenarnya bukan barang baru karena telah lebih dulu tersedia di Android dan komputer desktop.

Belum jelas bagaimana Apple akan menerapkan kebijakan pemblokiran iklan di iOS 9. Ada kemungkinan perusahaan-perusahaan pemasar iklan (termasuk Google) bakal terusik dengan hal tersebut.

Apalagi, Apple memiliki posisi dan pengaruh kuat di dunia gadget mobile sehingga bisa mempengaruhi pihak-pihak lain untuk menempuh langkah serupa terkait pemblokiran iklan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com