Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2015, 12:44 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Rumor yang menyebutkan bahwa Google sedang bersiap menyaingi Twitch ternyata memang benar. Raksasa internet tersebut minggu ini memperkenalkan YouTube Gaming, situs video streaming khusus gamer.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari PCWorld, Sabtu (13/6/2015), YouTube Gaming diposisikan sebagai layanan yang terpisah dari situs utama YouTube. Seperti  Twitch, menu utamanya berupa streaming video terkait game, baik secara live maupun on-demand.

“Anda bisa mencari konten dengan percaya diri setelah mengetahui bahwa mengetik kata “call” akan memunculkan ‘Call of Duty’ (nama game), dan bukan ‘Call Me Maybe’ (nama video musik),” sebut Product Manager Google Alan Joyce dalam sebuah posting blog mengenai YouTube Gaming.

YouTube Gaming antara lain mengandalkan kemampuan streaming video 60 FPS yang penting untuk merekam dan menonton video yang diambil dari game. Selain itu, Google juga menjanjikan fasilitas broadcasting ke YouTube dengan cara mudah.

Lebih dari 25.000 judul game akan memiliki landing page masing-masing di YouTube gaming, berikut dengan kandal-kanal dari perusahaan game dan rekanan content creator YouTube.

Saat ini layanan YouTube Gaming baru dijadwalkan akan tersedia di AS dan Inggris, sekitar pertengahan 2015.

Kehadiran YouTube Gaming sebenarnya sudah tercium pada Maret lalu, setelah kegagalan Google mengakuisisi Twitch, yang akhirnya dibeli oleh Amazon senilai 970 juta dollar AS pada 2014.

Twitch merupakan layanan serupa YouTube Gaming yang selama ini mendominasi ranah streaming video, livestream, dan broadcast sesi permainan dari game dengan angka viewer mencapai 100 juta per bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Sumber PCWorld

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.