Masjidku, Jejaring Sosial untuk Masjid

Kompas.com - 15/06/2015, 09:29 WIB
Masjidku Aplikasi Masjidku

KOMPAS.com - Menjelang bulan suci Ramadan tahun ini, aplikasi jejaring sosial untuk masjid  di Indonesia resmi diluncurkan.

Bernama Masjidku, aplikasi yang bersangkutan mengemban misi untuk memudahkan masjid dalam penyampaian dakwah, pengelolaan kegiatan keagamaan, serta pelaporan infaq, dan sedekah secara realtime kepada jemaah lewat jalur online.

"Sebagai sebuah sarana komunikasi umat, Masjidku bertujuan meringankan biaya operasional yang dikeluarkan oleh masjid untuk komunikasi dan penyiaran informasi," ujar Chief Technology Officer Masjidku, Adib Toriq, dalam keterangan terlulis yang diterima Kompas Tekno, Sabtu (13/6/2015).

Dari sisi jamaah, Masjidku bisa dipakai untuk mengikuti (follow) kegiatan masjid tertentu. Pengguna juga dapat memberikan infaq atau sedekah secara online, serta mendapatkan berbagai informasi pendukung ibadah seperti jadwal shalat, pengingat shalat, penunjuk arah kiblat, dan pencarian masjid terdekat.

Pengguna Masjidku akan menerima push notification untuk semua kegiatan, berita, maupun infaq dari masjid-masjid yang di-follow. Pengelola masjid pun bisa mengatur kegiatan dakwan serta membuat dan mengatur publikasi artikel dakwah di laman masjidnya.

Adapun fasilitas infaq secara online digelar dengann menggandeng PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa). Melalui jaringan ATM Bersama milik Artajasa, pengguna dapat dengan mudah menyalurkan infaq atau sedekah kepada masjid yang telah terdaftar di dalam masjidku.

Masjidku Tampilan aplikasi Masjidku di iOS

Sebanyak 1.250 pengguna dan 11 masjid kini telah bergabung dengan platform Masjidku, yakni Masjid Daarut Tauhid Bandung, Masjid Jenderal Sudirman Jakarta, Masjid Jami’ Al-Muqorrobin Jakarta, Masjid Baitul Makmur Boyolali, Masjid Darul Ihsan Bekasi, Masjid Raya Bintaro Jaya Sektor 9, Masjid Emerald Bintaro, Masjid Nuruddin Jombang-Jawa Timur, Masjid Cahyaningati Malang, Masjid Al Muttaqien Malang, dan Masjid Abu Dzar Al Ghifari Malang.

Masjidku tersedia secara gratis dan bisa diunduh oleh pengguna ponsel pintar dengan sistem operasi Android atau iOS.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X