NASA Rilis Video 4K Pertama di Luar Angkasa

Kompas.com - 15/06/2015, 13:31 WIB
Foto yang direkam Geostationary Operational Environmental Satellite GOES-13 di bagian atas memperlihatkan Badai Danielle menuju Atlantik utara. Sedangkan di bawah terlihat Badai Eral memukul Kepulauan Leeward pada 30 Agustus. NASA / NOAA GOES ProjectFoto yang direkam Geostationary Operational Environmental Satellite GOES-13 di bagian atas memperlihatkan Badai Danielle menuju Atlantik utara. Sedangkan di bawah terlihat Badai Eral memukul Kepulauan Leeward pada 30 Agustus.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Badan antariksa AS NASA merilis serial video beresolusi 4K dari ruang angkasa. Video perdana yang dipublikasikan berdurasi 20 detik dan disebarkan melalui saluran YouTube ReelNASA.

Dalam keterangan video, NASA menjelaskan bahwa peningkatan kualitas ini ditujukan agar pandangan masyarakat atas kehidupan di ruang angkasa semakin jelas. Bagi orang-orang yang bermimpi melakukan perjalanan ke sana, video ini diharapkan bisa memberikan motivasi.

"Memberikan tampilan yang belum pernah ada sebelumnya tentang bagaimana rasanya tinggal dan bekerja di atas armada stasiun ruar angkasa internasional," NASA menuliskan pada keterangan video, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (15/6/2015) dari DigitalTrends.

Selain itu, dengan resolusi 4K, peneliti diharapkan akan lebih mudah melakukan aktivitas-aktivitas penelitian untuk penemuan baru.

"Kapabilitas ini memungkinkan para peneliti untuk mengakses resolusi yang lebih tinggi agar bisa memberikan masukan baru atas eksperimen-eksepriman yang dilakukan setiap hari," kata perwakilan NASA.

Ke depan, NASA berjanji bakal mengunduh lebih banyak konten video 4K. Walau peningkatan NASA cukup progresif, perlu diketahui bahwa YouTube telah mengakomodir video 8K pada portalnya mulai pekan lalu.

Resolusi itu memiliki kualitas dua kali lipat lebih tajam daripada 4K. Namun, untuk mengaksesnya, pengguna harus memiliki komputer yang mumpuni dan koneksi internet yang lancar.

Berikut video perdana 4K yang diunduh NASA.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X