Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Ponsel Samsung Resmi Beroperasi di Cikarang

Kompas.com - 16/06/2015, 10:33 WIB
KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Saleh Husin meresmikan pabrik baru ponsel Samsung di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik ini memproduksi ponsel jenis smartphone, feature phone,dan perangkat tablet.

"Dengan adanya PT Samsung Electronics Indonesia mengembangkan industri telepon seluler di Indonesia, telah menunjukkan kepada kita semua bahwa Indonesia merupakan pilihan menarik dan tepat untuk berinvestasi," ujar Saleh saat memberikan sambutan pada peresmian pabrik baru ponsel Samsung di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (16/5/2015).

Saleh mengatakan investasi pabrik baru ponsel tersebut senilai 20 juta - 23 juta dollar AS. Adapun pabrik ini memiliki 14 line produsi dengan total kapasitas produksi sekitar 1 juta unit - 1,5 juta unit per bulan. 

Ia menjelaskan untuk tahap awal perakitan masih dalam bentuk Semi Knock Down (SKD). Kemudian diharapkan akan berlanjut dalam bentuk Completely Knock Down (CKD) dan juga bentuk Surface Mount Technology (SMT).

Saleh mengatakan industri elektronika yang termasuk di dalamnya adalah telepon seluler, masuk kedalam salah satu industri prioritas yaitu kelompok industri dengan pertumbuhan tinggi.

"Oleh karena itu industri telepon seluler termasuk industri yang terus didorong perkembangannya dengan memberikan berbagai kemudahan dan insentif yang berupa pengurangan pajak maupun bea masuk yang ditanggung pemerintah," ujar Saleh. (Benediktus Krisna Yogatama/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com