BBM Money Kok Tak Bisa untuk Belanja di Toko?

Kompas.com - 17/06/2015, 09:32 WIB
Demonstrasi transaksi online dengan BBM Money yang ditunjukkan BlackBerry kepada sejumlah jurnalis di Jakarta, Selasa (16/6/2015) Oik Yusuf/ Kompas.comDemonstrasi transaksi online dengan BBM Money yang ditunjukkan BlackBerry kepada sejumlah jurnalis di Jakarta, Selasa (16/6/2015)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Berbagai layanan dompet digital dari para pemain lokal telah meramaikan ranah mobile payment di Indonesia. Pabrikan handset seperti BlackBerry pun tak ketinggalan terjun dengan merilis BBM Money beberapa waktu lalu.

Sedikit berbeda dengan layanan sejenis lainnya, pihak BlackBerry ingin berkonsentrasi mengembangkan BBM Money sebagai sarana transaksi online, bukan offline.

Alasannya, teknologi mobile payment dipandang masih belum praktis untuk digunakan dalam transaksi offline seperti pembelian di toko retail, ataupun minimarket, setidaknya di Indonesia.

"Di offline, menggunakan uang tunai saat ini masih lebih cepat dan praktis. Pakai kartu lebih repot karena kadang perlu PIN dan tandatangan. Pakai ponsel lebih repot lagi, terlebih kalau terkendala masalah sinyal," ujar Technical Consultant BlackBerry Indonesia Adam D'arcy dalam perjumpaan dengan sejumlah jurnalis di Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Pihak BlackBerry memandang bahwa untuk sementara waktu, kehadiran mobile payment di ranah offline tidak memecahkan masalah karena memang tidak ada masalah yang perlu dicarikan solusinya.

Penggunaan duit tunai dalam hal ini masih memadai dan memiliki jaminan bakal selalu diterima oleh seluruh merchant karena tak memerlukan alat atau prosedur khusus seperti input kode dan lain sebagainya.

"Nah, masalah kepraktisan itu justru dihadapi oleh pembeli ketika melakukan belanja online," lanjut D'Arcy sambil menyoroti kurangnya metode pembayaran praktis yang bisa dimanfaatkan oleh pembeli saat melakukan belanja online.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sinilah BlackBerry hendak mendorong peran BBM Money sebagai pengganti sarana transaksi yang dipandang sudah "usang" dan merepotkan, yakni pembayaran di tempat (COD) dan transfer bank.

Menurut D'Arcy, saat ini BlackBerry telah menjalin kerjasama dengan 12 merchant online, termasuk situs e-commerce besar Bhinneka.com dan sejumlah pemain baru seperti layanan pemesanan makanan, Klik-Eat.com, penjual makanan sehat Nkdfoods.com, dan situs fashion "premium" Paraplou.com.

Ke depan, BlackBerry bernencana menggandeng lebih banyak rekanan merchant online untuk mengakomodir kebutuhan pengguna.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.